Kamis, 2 Mei 2024

Kemendikbudristek Dukung Generasi Muda Jadi Pendidik Profesional

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dua orang guru sedang membimbing siswa membuat kerajinan tangan di SKH Negeri 02 Lebak, Banten, Rabu (14/6/2023). Foto : Antara

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung generasi muda menjadi guru untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul.

Nunuk Suryani Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek mengatakan, pihaknya sudah membuka Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2023 untuk menghasilkan generasi guru baru yang profesional dan berkualitas.

PPG juga merupakan langkah progresif dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan guru baru di Indonesia. Sehingga, nantinya guru baru bisa menggantikan para pendidik yang memasuki masa pensiun.

Sekarang, guru di Indonesia masih didominasi yang berusia lanjut atau memasuki usia pensiun. Berdasarkan data Kemendikbudristek, terdapat lebih dari 70 ribu guru yang pensiun tahun ini.

“Itu menyebabkan kekurangan pendidik jika tidak segera disiapkan pemenuhan dari guru-guru baru,” ujar Nunuk dilansir Antara, Rabu (21/6/2023).

Maka dari itu, program PPG tahun ini memiliki kuota mencapai 59 ribu yang ditujukan bagi mahasiswa S1 dan D4, baik program studi kependidikan mau pun non-kependidikan.

Upaya Kemendikbudristek mendapat dorongan dari sejumlah guru di Indonesia, seperti Yusfarinasari, Guru SMP Negeri 1 Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Guru yang profesional sangat diperlukan. Karena guru bukan hanya mengajar melainkan harus dapat mendidik, membimbing, dan melatih kepemimpinan murid,” ucapnya.

Dukungan serupa disampaikan Ain Sayidani, Guru SMK Negeri di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). “Peran guru sangat penting, karena menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah bangsa,” katanya.(ant/dvn/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs