Jumat, 14 Juni 2024

Kemendikbudristek Rilis Lagu Profil Pelajar Pancasila di HUT ke-78 RI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar video klip lagu Profil Pelajar Pancasila yang dirilis Kemendikbud Ristek saat HUT ke-78 RI. Foto: Tangkapan layar Youtube Cerdas Berkarakter Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) merilis lagu “Profil Pelajar Pancasila” menggelorakan penguatan karakter anak-anak Indonesia pada HUT ke-78 RI.

“Lagu Profil Pelajar Pancasila ini merupakan salah satu media untuk menyebarluaskan materi atau pesan penguatan karakter ‘Profil Pelajar Pancasila’,” kata Rusprita Putri Utami Kepala Puspeka Kemendikbudristek di Jakarta, Kamis (17/8/2023) dilansir Antara.

Lagu itu, kata Rusprita, memuat pesan penguatan karakter melalui “Profil Pelajar Pancasila” yang memiliki enam dimensi yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif.

Pelajar Pancasila, lanjutnya, adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pembelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dengan enam ciri utama “Profil Pelajar Pancasila”.

Menurutnya, pemilihan lagu sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila lebih efektif dibandingkan bentuk media komunikasi massa lainnya.

“Seperti liriknya, ‘Profil Pelajar Pancasila’ tanamkan di dalam dada, semoga lagu ini akan benar-benar menjadi media untuk kita dapat menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di dalam diri anak-anak kita,” ujarnya.

Untuk diketahui, lagu yang diciptakan oleh Tri Adinata seorang guru musik SMA Al Azhar Medan ini juga dilengkapi dengan video musik sehingga dapat mempertegas pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak.

Lagu “Profil Pelajar Pancasila” dinyanyikan oleh Novia Bachmid penyanyi Indonesia dengan aransemen yang dibuat oleh Musisi Alffy Rev.

Tri Adinata menuturkan lagu itu tercipta dengan semangat dan keyakinan bahwa anak muda Indonesia harus mempunyai pegangan di dalam hatinya untuk menjadi Pelajar Pancasila.

“Semoga dengan menyanyikan lagu ini generasi muda semakin mengingat elemen-elemen penting tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sebagai informasi, lagu Profil Pelajar Pancasila dapat disaksikan pada kanal YouTube Kemendikbud RI dan Cerdas Berkarakter. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
28o
Kurs