Minggu, 28 April 2024

Kemenkes Rencanakan Fitur Poin SatuSehat untuk Dapat Obat Gratis

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi aplikasi SatuSehat milik Kementerian Kesehatan. Foto: tangkapan layar

Setiaji Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan mengatakan pihaknya merencanakan sebuah fitur poin untuk aplikasi SatuSehat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan obat atau multivitamin dengan gratis.

“Kami nantinya akan menyiapkan poin, misalnya nanti jalan kaki 5.000 langkah, nanti kami kasih poin yang bisa ditukar dengan obat, multivitamin, dan bahkan bisa nonton bioskop secara gratis,” ujar Setiaji.

Dia berharap dengan kehadiran fitur tersebut, masyarakat dapat mengubah kebiasaan dan gaya hidup menjadi mencegah penyakit, daripada mengobati penyakit. “Ini masih direncanakan,” kata Setiaji dilansir Antara, Selasa (7/11/2023).

Sistem poin pada aplikasi SatuSehat, kata Setiaji, rencananya tidak hanya melibatkan apotek, tetapi, juga bank, perusahaan swasta, dan pihak lainnya yang memungkinkan untuk menjadi mitra dalam pengembangan aplikasi SatuSehat ini.

“Tahun depan rencananya kami meluncurkan fiturnya yang baru,” ucap dia.

Perlu diketahui, aplikasi SatuSehat yang dahulu dikenal dengan PeduliLindungi ini sudah memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat rekam medis dari kurang lebih 600 layanan kesehatan.

Pengembangan aplikasi SatuSehat dapat menambah fitur sertifikat vaksin untuk anak-anak sehingga orang tua dapat mengamati vaksinasi apa saja yang harus didapatkan oleh anak-anak mereka.

“Termasuk juga pengingat untuk minum obat, skrining penyakit kejiwaan, dan lain sebagainya,” kata Setiaji. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs