Minggu, 28 April 2024

Kemenkumham Nobatkan Rutan Situbondo Terbaik Kedua se-Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rudi Kristiawan Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo. Foto: Antara

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menobatkan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo sebagai Rutan Terbaik kedua se-Indonesia, pada peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 Tahun 2023.

Rudi Kristiawan Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo mengungkapkan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan sejak Februari 2023, Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham melaksanakan lomba unit pelaksana teknis terbaik, terdiri dari kategori Lapas, Rutan, LPKA, Bapas, dan Rupbasan di seluruh Indonesia.

“Tidak mudah untuk meraih penghargaan sebagai Rutan terbaik se-Indonesia, karena butuh komitmen yang tinggi, mengingat yang dibina adalah orang bermasalah. Pasti dinamika dalam menjalankan tugas butuh komitmen yang tinggi,” ujar Rudi dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, Kamis (4/5/2023).

Menurut dia, indikator penilaian di antaranya terkait pembinaan yang dilakukan, bentuk pelayanan, kondisi kantor, dan kondisi dapur, serta pelayanan kesehatan atau klinik yang ada di Rutan, dan lainnya.

“Ini menjadi capaian yang luar biasa, karena persaingan perlombaan sangat ketat. Tentunya penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi kami untuk terus mengukir prestasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada warga binaan,” tuturnya.

Informasi lainnya, Rudi Kristiawan juga pernah menyabet penghargaan sebagai UPT Terbaik Nomor 1 saat menakhodai Rutan Padang Panjang 2021-2022, di jajaran Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat.

“Prinsip saya, di mana saya bekerja harus ada yang berubah lebih baik dan berwarna. Kami berusaha bekerja memberikan yang terbaik,” ujar Rudi. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs