Senin, 29 April 2024

Butuh Peran Penting Keluarga untuk Pulihkan Korban Kekerasan Seksual

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Nahar Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA Nahar. Foto: Antara/ Kemen PPPA

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) meminta pkeluarga mendukung upaya pemulihan korban kekerasan seksual dengan tidak memberikan stigma kepada korban.

“Supaya korban dapat berfungsi kembali di lingkungan sosialnya secara optimal,” terang Nahar Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA dilansir Antara pada Senin (7/8/2023).

Menurut Nahar, keluarga korban, guru, siswa, dan perangkat sekolah lainnya memiliki perspektif yang memihak korban. Sehingga perlu adanya psiko-edukasi.

Nahar menekankan dampak psikologis yang signifikan bisa menimpa korban perkosaan. Baik itu dampak jangka pendek maupun jangka panjang.

“Dampak jangka pendek yang biasanya muncul ialah perasaan cemas, takut, merasa bersalah, rendah diri, dan tidak jarang menyalahkan dirinya sendiri,” ungkap Nahar.

Jika dampak jangka pendek ini tidak disembuhkan, korban mungkin akan mengalami gangguan psikologis lanjut. Mulai dari depresi hingga kecenderungan untuk bunuh diri.

“Peristiwa yang terjadi di lingkungan sekolah juga bisa memberi efek psikologis tambahan seperti kemungkinan adanya stigma dari lingkungan sekolah,” jelas Nahar. (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs