Selasa, 7 Mei 2024

Kementerian BUMN: Pendidikan Berkualitas Dapat Mendorong Perekonomian

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tedi Bharata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN di Jakarta, Sabtu (27/5/2023). Foto: Antara

Tedi Bharata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN menyatakan, pendidikan yang berkualitas mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pendidikan sangat penting dalam mengungkit perekonomian kita secara nasional. Pendidikan yang bagaimana? Pendidikan yang berkualitas,” katanya di Jakarta, Sabtu (27/5/2023) saat dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, peran pendidikan memang tidak akan memberi dampak secara langsung terhadap pertumbuhan dan pergerakan ekonomi nasional. Tetapi menurutnya, pendidikan yang berkualitas akan mendorong perekonomian nasional melalui berbagai inovasi dan hasil riset dari para pelaku dunia pendidikan.

Pertumbuhan ekonomi, jelasnya, didorong oleh empat komponen yaitu konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, investasi, ekspor dan impor.

“Inovasi dan hasil riset dari dunia pendidikan akan mampu mengoptimalisasi komponen-komponen pertumbuhan ekonomi tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatkan bahwa perekonomian akan semakin meningkat jika inovasi dan hasil riset itu secara masif diterapkan di dunia industri, sehingga dapat mengembangkan teknologi yang sudah ada.

“Sia-sia kalau kita dapat ilmu tapi tidak terimplementasi,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pendidikan berkualitas juga termasuk pendidikan yang selalu mengikuti dan mengadopsi tren, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat maupun industri.

Sebagai contoh, kata dia, sekolah keperawatan harus bisa menyesuaikan kebutuhan kesehatan masyarakat termasuk pasca pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Tak hanya sekolah keperawatan, sekolah perhotelan juga harus memahami tren terkait pariwisata yang sedang disenangi masyarakat sehingga ilmu yang didapat bisa terimplementasi lebih maksimal.

“Pendidikan harus mengadopsi tren sehingga akan berkualitas dan memberi impact secara nasional,” tandasnya.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
31o
Kurs