Senin, 26 Februari 2024

Kenalkan Potensi Wisata, Cak dan Ning Surabaya Gelar Balapan Sangar Volume 3

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Para panitia acara balapan sangar volume 3 saat mengarahkan para peserta menuju ke pos lainnya, Surabaya, Sabtu (4/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Paguyuban Cak dan Ning Surabaya kembali menggelar acara Balapan Sangar Vol. 3, berpusat di Balai Pemuda Alun-Alun Surabaya, Sabtu (4/3/2023).

Kompetisi ini diikuti bukan hanya dari kalangan anak muda warga Surabaya tapi juga dari luar kota yang sudah mendaftar sebelumnya.

Peserta datang di lokasi start yaitu di Balai Pemuda untuk menampilkan pertunjukan tertentu di panggung demi mendapatkan clue ke pos berikutnya. Total ada enam pos tersebar di wilayah Surabaya utara.

Ali Ridho Cak Surabaya tahun 2014 sekaligus Ketua Pelaksana Balapan Sangar Vol. 3 mengatakan, pos-pos itu nantinya sekaligus memperkenalkan potensi wisata di Kota Surabaya pada anak muda.

“Ini tujuannya mengenalkan objek wisata Surabaya dikemas kompetisi permainan. Tahun ini posnya Surabaya Utara rutenya. Start-finish di Balai Pemuda, (pos lain) ada Balai Kota, kawasan Ampel, Kya-Kya, Kantor Pos Kebon Rojo, Kampung Ketandan Jalan Tunjungan,” papar Ridho ditemui suarasurabaya.net di Alun-Alun Surabaya, Sabtu (4/3/2/2023).

Mengusung tema Culdesac: Adapt and Survive, Balapan Sangar Vol. 3 ingin mengajarkan pada anak muda tentang sikap adaptif dan bertahan meski menemui jalan buntu setiap kehidupan.

“Dalam permainan ini pindah pos teman-teman penuh keterbatasan harus pindah dengan transportasi umum mungkin juga usng saku yang sedikit. Konsepnya adu tangkas di pos-pos, gamesnya itu bersambungan. Para peserta mesti menebak sebuah pertanyaan yang jika berhasil akan dapat clue, geser ke pos selanjutnya,” katanya.

Dr. Ikhsan, S.Psi, MM Sekretaris Daerah Kota Surabaya ditemani Farah Andita Ramdhani Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata, sedang memukul gong yang menandakan Balapan Sangar volume 3 dimulai, Surabaya, Sabtu (4/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Event ini baru kembali digelar setelah sempat berhenti lama. Balapan Sangar terakhir digelar pada tahun 2017 lalu.

“Vol. 1 tahun 2015, lalu 2017 kedua, dan sekarang,” imbuhnya.

Selain games berpindah-pindah pos, di titik start dan finish disediakan acara yang terus berlangsung sejak pagi hingga sore nanti. Sekaligus melibatkan UMKM demi berkontribusi dalam pemulihan ekonomi Kota Surabaya.

“Tahun ini konsepnya lebih besar, sebelumnya hanya lomba aja. Tahun ini ada bazaar, UMKM buka di sini,” tandasnya.

Melihat antusiasme dari 90 anak muda yang terbagi menjadi 30 kelompok, Ikhsan Sekretaris Kota Surabaya menyebut event ini akan diagendakan tahunan menjadi rangkaian HUT Surabaya.

“Kami menyambut baik hari ini, kita kaitkan dengan kegiatan ulang tahun Kota Surabaya bulan Mei,” katanya membuka acara.

Rencana itu akan segera dikolaborasikan dengan Disbudporapar Kota Surabaya tahun depan.

“Tahun depan kita rundingkan bersama paguyuban Cak dan Ning Surabaya serta Disbudporapat untuk dimasukkan agenda tahunan ulang tahun Kota Surabaya,” tandasnya. (lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs