Jumat, 17 Mei 2024

Ketua MPR Minta Kemenkes Ambil Upaya Pencegahan Wabah Zoonosis

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Arsip foto - Bambang Soesatyo Ketua MPR memberikan pandangannya pada acara konferensi pers “Dialog Kebangsaan" di kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Selasa (8/3/2022). Foto: Antara

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan upaya pencegahan terhadap wabah berbagai penyakit zoonosis di Indonesia.

“Meminta Pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, untuk melakukan upaya pencegahan terhadap mewabahnya penyakit-penyakit zoonosis di Indonesia dan segera menyusun langkah-langkah untuk menangani wabah tersebut,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (18/5/2023) saat dilansir dari Antara.

Hal tersebut ia sampaikan, untuk menanggapi laporan dari sistem pengawasan penyakit menular Kemenkes Vietnam yang menunjukkan pada awal tahun 2023 ada sejumlah warga di Vietnam terinfeksi bakteri streptococcus suis atau penyakit zoonosis penularan dari babi ke manusia.

Menurut Bambang, dengan adanya laporan itu, Kemenkes RI juga harus waspada terhadap penyakit tersebut yang ikut mewabah di Indonesia.

“Meminta Kemenkes menjadikan hal itu untuk lebih waspada terhadap penyakit zoonosis tersebut dikarenakan ada pasien yang dinyatakan positif streptococcus suis,” tambahnya.

Selain melakukan upaya pencegahan, pihaknya juga meminta Kemenkes RI mengedukasi masyarakat terkait langkah-langkah yang dapat mereka lalukan untuk mencegah penularan penyakit zoonosis.

“Edukasi itu diperlukan mengingat penyakit zoonosis juga dapat berbahaya terhadap kesehatan manusia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, MPR juga meminta Pemerintah menghilangkan potensi risiko infeksi zoonosis, karena saat ini belum ada vaksin untuk mengobati penyakit tersebut.

“Pemerintah perlu memetakan negara-negara yang sudah terjangkiti zoonosis dan berhati-hati terhadap potensi penularan penyakit zoonosis di Indonesia,” pungkasnya.(ant/ris/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs