Kamis, 18 April 2024

Ketua MPR Minta Panglima TNI Tegas dan Tidak Ragu Ambil Tindakan kepada KKB Papua

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI dalam Pelantikan sekaligus Seminar Nasional Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (DPN PERMAHI), di Jakarta, Senin (15/11/2021). Foto: Istimewa

Prajurit TNI Pratu Miftahul Arifin gugur diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) dalam operasi pencarian Kapten Philip Mark Merthens pilot Susi Air di Nduga, Papua Pegunungan.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI menyampaikan dukacita mendalam atas gugurnya prajurit TNI tersebut, dan mengutuk keras aksi anarkis KKB.

“Saya meminta TNI-Polri untuk segera menangkap dan memberikan sanksi tegas terhadap KKB,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Dia minta pemerintah dan TNI-Polri segera mengevaluasi peristiwa tersebut, untuk menentukan strategi dan langkah pendekatan yang tepat dalam menangani dan mencegah berulangnya kembali aksi yang dilakukan KKB.

“Termasuk dalam operasi pencarian Kapten Philip Mark Merthens pilot Susi Air di Nduga, Papua Pegunungan,” jelasnya.

Pemerintah dan TNI-Polri, kata Bamsoet, harus memastikan keamanan dan keselamatan para prajurit yang bertugas dalam operasi pencarian pilot Susi Air di Nduga, Papua Pegunungan, dan memberikan perlindungan kuat yang maksimal dari potensi kelanjutan gangguan dan ancaman dari aksi anarkis KKB.

Ketua MPR minta Panglima TNI dan seluruh jajarannya agar menentukan sikap tegas dan tidak ragu-ragu dalam mengambil tindakan kepada KKB, terlebih usai KKB melakukan berbagai tindak anarkis yang mengancam dan membahayakan keselamatan banyak orang, khususnya masyarakat dan aparat yang bertugas di Papua.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs