Rabu, 8 Mei 2024

Ketua MPR Minta Pemda Imbau Warga Lereng Merapi Terkait Potensi Bahaya Sisi Barat Laut

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Awan Panas Guguran teramati dari puncak Gunung Merapi, Sabtu (11/3/2023). Foto: BPPTKG

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkap adanya potensi bahaya pada sisi barat laut Gunung Merapi usai erupsi, yakni bahaya longsor akibat tebing puncak yang tidak stabil.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI meminta pemerintah setempat untuk terus memberikan informasi dan imbauan kepada seluruh masyarakat yang berada di lereng Merapi tentang bahaya tersebut, khususnya bagi masyarakat yang tinggal atau berada di zona Kawasan Rawan Bencana (KRB).

“Warga diimbau untuk tetap siaga, dan tidak lengah serta terus mewaspadai segala potensi bencana akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Merapi, sekaligus terus mengikuti perkembangan terkini terkait aktivitas Gunung Merapi yang disampaikan oleh pihak-pihak terkait,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (13/3/2023).

Dia meminta pemerintah daerah setempat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan upaya atau langkah preventif, seperti kesiapan menghadapi bencana, termasuk mitigasi kebencanaan akibat meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

“Hal ini untuk mencegah dampak bencana, utamanya adanya korban jiwa,” jelasnya.

Bamsoet meminta BPBD untuk benar-benar mewaspadai potensi bencana khususnya longsor akibat tebing puncak yang tidak stabil, serta mulai menyiapkan pengamanan wilayah berbahaya 5 Km sesuai rekomendasi dari BPPTKG atau zona aman bencana untuk masyarakat setempat.

“Pemerintah daerah setempat bersama PVMBG dan Pos Pengamatan Gunung Api harus terus memantau aktivitas gunung api, disamping terus menyampaikan informasi-informasi terkini terkait kondisi terbaru gunung Merapi. Sehingga, ketika aktivitas gunung api meningkat, pihak-pihak terkait dapat segera memberikan peringatan dini kepada masyarakat setempat,” pungkas Bamsoet.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs