Rabu, 15 Mei 2024

Khofifah Minta Jemaah Haji untuk Mewaspadai Covid-19 MERS di Saudi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jemaah Haji kloter satu waktu mengantre masuk ke dalam pesawat Boeing 747 Saudi Arabia Airlines, Rabu (24/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur meminta kepada seluruh jemaah Haji untuk mewaspadai varian Covid-19 MERS di Arab Suadi. Oleh karena itu, dia mengingatkan pentingnya pemakaian masker untuk perlindungan diri.

“Saya juga ingatkan untuk pemakaian masker, karena ada informasi dari Kementerian Kesehatan bahwa ada varian Covid-19 MERS yang harus diwaspadai. Jadi penting untuk langkah-langkah preventif,” ucap Khofifah di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Rabu (24/5/2024).

Selain itu, Khofifah juga mengingatkan pentingnya perhatian ekstra untuk jemaah Haji yang sudah lanjut usia (lansia) yang rentan terhadap segala penyakit.

Pihak Pemprov Jatim pun telah melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya terkait pendampingan kesehatan kepada jemaah lansia.

“Menurut saya perlu pendampingan. Saya juga koordinasikan dengan dokter Herlin, Dirut RSU Haji, agar memungkinkan diberikan obat-obat yang masih dibutuhkan. Intinya kita menjaga agar jemaah bisa sehat mulai berangkat, saat beribadah dan kembali dalam keadaan sehat dan mabrur ,” ujarnya.

Sementara itu, H. Hasanuddin Ali Tenaga Ahli Menteri Agama RI menyebut hal paling fundamental yang harus dijaga selama melakukan proses indaha haji adalah kesehatan.

“Saya berpesan agar jamaah haji selalu dan selalu memperhatikan aspek kesehatan. Jangan terlalu memaksakan dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunah. Terlebih dengan kondisi cuaca di Arab Saudi yang saat ini berkisar antara 40-45°C,” terangnya.

Hasanuddin Ali juga mengatakan, pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah. Maka, mereka diminta untuk jangan sungkan untuk berkonsultasi jika ada keluhan.

Seperti diketahui, Khofifah telah memberangkatkan secara resmi kloter pertama asal Kabupaten Bangkalan berjumlah 445 orang. Ratusan jemaah itu menuju Bandara Internasional Juanda diantar oleh 11 bus. Dan beringkat menuju Madinah Pukul 09.45 WIB.

(Selain kloter pertama tersebut, Embarkasi Surabaya tahun 2023 ini akan melayani jamaah haji sejumlah 36.928 orang yang tergabung di 84 kloter.

Dengan rincian jamaah dari Jawa Timur sejumlah 35.152 orang, jamaah dari Bali sejumlah 698 orang, dan dari NTT sejumlah 668 orang. Sementara, petugas kloter sejumlah 420 orang.(wld/ris/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs