Kamis, 16 Mei 2024

Khofifah Pastikan Gangguan Listrik di Lumajang Pulih 9 Juli

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas memperbaiki jaringan listrik setelah diterjang banjir lahar dingin di Lumajang pada Sabtu (8/7/2023). Foto: Biro Adpim Jatim)

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) memastikan gangguan listrik di Kabupaten Lumajang sedang diupayakan pulih dalam waktu 2×24 jam sejak terdampak bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru dan longsor pada 7 Juli 2023.

“Insyaallah, 9 Juli besok gangguan listrik di Kabupaten Lumajang sudah pulih,” kata Khofifah dilansir Antara, Sabtu (8/7/2023).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim telah berkoordinasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar jaringan listrik bisa segera kembali difungsikan.

“Kami berterima kasih kepada PLN yang sejak kemarin telah menerjunkan tim di lokasi terdampak untuk percepatan pemulihan kelistrikan,” ujarnya.

Berdasarkan laporan di lapangan, terdapat enam tiang saluran udara tegangan menengah (SUTM) di Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Lumajang, yang patah dan hanyut akibat banjir bandang.

Sebanyak 134 gardu dengan jumlah pelanggan sebanyak 34.783 di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Supiturang, Sumberurip, Taman Ayu, Oro-oro Ombo, Kaliuling, Purorejo, Tempurejo, Tempursari, Pundungsari, Bulurejo, Sidomukti, Tegalrejo dan Dusun Licin pun terdampak.

Sebagai langkah cepat, PLN telah menurunkan 78 personel gabungan, tiga unit mobil crane, sebelas mobil teknik untuk melokalisasi wilayah padam dan melakukan perbaikan.

PLN juga menyiapkan sebanyak tiga unit genset dan memobilisasi tambahan enam unit lainnya untuk menyuplai kebutuhan pos komando (posko) pengungsian dan lokasi vital lainnya.

Dengan keterbatasan akses dan hujan di lokasi, Khofifah menyebut PLN menargetkan upaya pemulihan sistem dapat diselesaikan Minggu besok.

“Mohon doa semuanya agar proses pemulihan dan penanganan bencana yang menimpa saudara-saudara kita di Lumajang berjalan lancar cepat dan selamat,” harap Khofifah. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs