Sabtu, 2 Maret 2024

Kim Jong-un Ganti Jenderal Tertinggi untuk Dongkrak Kekuatan Militer

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara menghadiri pertemuan ketujuh yang diperbesar dari Komisi Militer Pusat kedelapan Partai Pekerja Korea di gedung markas besar Komite Sentral Partai Pekerja Korea di Pyongyang, Korea Utara, Rabu (9/8/2023). Foto: Reuters

Kim Jong-un Pemimpin Korea Utara (Korut) telah mengganti jenderal tertinggi militer dan mengumumkan persiapan lebih lanjut untuk kemungkinan perang, peningkatan produksi senjata, dan perluasan latihan militer.

Melansir Reuters, pernyataan ini diungkapkan Kim dalam pertemuan Komisi Militer Pusat pada Kamis (10/8/2023) waktu setempat. Jenderal tertinggi sebelumnya, Pak Su Il Kepala Staf Umum, telah diberhentikan dan digantikan oleh Jenderal Ri Yong Gil.

Jenderal Ri juga sebelumnya menjabat sebagai kepala staf angkatan darat. Ketika ia diganti pada 2016, pemecatannya dan ketidakhadirannya dalam acara-acara resmi memicu laporan di Korea Selatan bahwa ia telah dieksekusi.

Dia muncul kembali beberapa bulan kemudian, ketika dia ditunjuk untuk menduduki jabatan senior lainnya.

Di sisi lain, Kim juga menetapkan target untuk memperluas kapasitas produksi senjata tanpa memberikan rincian spesifik. Pekan lalu dia mengunjungi pabrik senjata di mana dia meminta lebih banyak mesin rudal, artileri dan senjata lainnya untuk dibangun.

Kim juga mendorong militer untuk melakukan latihan dengan peralatan terbaru guna menjaga kesiapan pasukan untuk bertempur.

Pada 9 September nanti, Korea Utara berencana menggelar parade militer untuk memperingati Hari Pendirian Republik yang ke-75, menampilkan kelompok paramiliter yang mendukung kekuatan militer negara tersebut. (bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
27o
Kurs