Selasa, 30 April 2024

Komisi I DPR RI Sebut Netralitas Menjadi Materi Uji Kepatutan Calon Panglima TNI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Christina Aryani anggota Komisi I DPR RI. Foto : Partai Golkar

Christina Aryani anggota Komisi I DPR RI memastikan aspek netralitas TNI akan jadi sorotan yang akan ditanyakan dalam uji kepatutan dan kelayakan Jenderal Agus Subiyanto calon tunggal Panglima TNI, Senin, (13/11/2023).

Dia mengatakan materi terkait netralitas TNI ramai jadi perbincangan publik dan dirinya akan memastikan agar hal itu benar-benar dijalankan.

“Kami menangkap ada kekhawatiran di masyarakat mengenai netralitas aparat pada pemilu besok. Maka muatan ini tentu akan kami gali lebih dalam untuk memastikan komitmen yang lebih dari Calon Panglima TNI sehingga tidak perlu ada lagi keraguan di masyarakat,” kata Christina dilansir Antara pada Minggu (12/11/2023).

Menurut Christina, DPR RI khususnya Komisi I, memiliki perhatian besar pada isu netralitas aparat khususnya TNI agar memastikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetap berjalan secara demokratis, aman, dan damai.

“Siapa pun kontestannya tentu harus patuh dan taat agar tidak menarik-narik TNI ke dalam politik praktis,” tegasnya.

Sebelumnya, pada Kamis (9/11/2023), Meutya Hafid Ketua Komisi I DPR RI mengatakan pihaknya menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon tunggal panglima TNI, yakni Jenderal TNI Agus Subiyanto Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) pada tanggal 13 November 2023.

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon tunggal panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang pensiun pada 26 November 2023.

Agus Subiyanto dilantik sebagai kasad pada 25 Oktober 2023, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purnabakti pada 19 November 2023. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs