Minggu, 28 April 2024

KPK Gali Informasi Kepemilikan Aset-aset Rafael Trisambodo Bekas Pejabat Ditjen Pajak

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Rafael Trisambodo bekas pejabat Ditjen Pajak bersiap menjalani pemeriksaan di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Rabu (1/3/2023), memeriksa Rafael Alun Trisambodo Pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tercatat punya harta kekayaan fantastis.

Pemeriksaan di Kantor KPK, Jakarta Selatan, berlangsung dari mulai pukul 09.25 WIB, sampai pukul 18.00 WIB petang hari ini.

Dalam keterangan pers, di Gedung Merah Putih, Pahala Nainggolan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK mengatakan pihaknya mengklarifikasi kepemilikan sejumlah harta Rafael.

Antara lain, Mobil Jeep Wrangler Rubicon dan Motor Harley Davidson yang dipakai Mario Dandy Satrio anaknya, serta rumah mewah di Jakarta, Yogyakarta dan Minahasa.

Menurut Pahala, motor gede yang sering dipamerkan Mario anak Rafael di media sosial tidak ada pelat nomor dan dukumen kepemilikannya alias motor bodong.

“Yang Harley Davidson karena tidak ada pelat nomor, kami juga tidak bisa cari ke mana-mana,” ujarnya.

Kemudian, Rafael menyebut Jeep Rubicon yang viral dalam kasus penganiayaan remaja bernama David Ozora Latumahina, bukan miliknya.

Bekas pejabat Direktorat Jenderal Pajak itu mengaku memang membeli mobil mewah tersebut. Tapi, dia bilang sudah menjual kepada kakaknya.

“Telah kami klarifikasi ke yang bersangkutan, bahwa Rubicon atas nama kakaknya. Dia beli, lalu dijual lagi ke kakaknya,” imbuh Pahala.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2022 yang disampaikan Rafael, harta kekayaannya mencapai Rp56,1 miliar.

Tapi, Motor Harley Davidson dan Mobil Jeep Wrangler Rubicon yang viral tidak tercantum dalam LHKPN pejabat Eselon III tersebut

Di tempat terpisah, Suahasil Nazara Wakil Menteri Keuangan menyatakan, Kemenkeu dan KPK masih berupaya mengusut asal harta Rafael Trisambodo.

Inspektorat Jenderal Kemenkeu juga meminta Rafael menunjukkan bukti dokumen kepemilikan Motor Harley dan Jeep Rubicon untuk memperjelas status dua kendaraan mahal itu.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs