Sabtu, 18 Mei 2024

KPK Tangkap Yana Mulyana Wali Kota Bandung

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Yana Mulyana Wali Kota Bandung. Foto: Halobandung

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (14/4/2023), melakukan penindakan hukum terhadap oknum penyelenggara negara yang terindikasi melakukan tindak pidana korupsi.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengatakan, tim di lapangan menangkap sejumlah orang, di antaranya Yana Mulyana Wali Kota Bandung.

“Betul. KPK kemarin telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi. Beberapa orang yang ditangkap di antaranya Wali Kota Bandung,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Operasi senyap dilakukan KPK terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa CCTV dan jasa penyedia jaringan internet di Kota Kembang.

Sekarang, Wali Kota Bandung dan sembilan orang lain yang terjaring operasi tangkap tangan menjalani pemeriksaan di Kantor KPK, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Hasil penindakan hukum, kata Ali Fikri, akan disampaikan Pimpinan KPK kepada publik sesudah proses pemeriksaan dan gelar perkara selesai.

Berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, aparat penegak hukum termasuk KPK punya waktu maksimal 24 jam untuk memeriksa orang yang ditangkap sebagai saksi.

Kalau cukup bukti adanya tindak pidana korupsi, KPK bisa meningkatkan status pemeriksaan ke penyidikan, dan menetapkan pihak yang terlibat sebagai tersangka.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs