Sabtu, 20 April 2024

Kuota Mudik Gratis Kemenhub dengan Kereta Api dan Kapal Laut Masih Tersedia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi mudik bareng. Foto: Bram suarasurabaya.net

Terhitung hingga Jumat (24/3/2023), kuota mudik gratis untuk angkutan sepeda motor dengan kereta api dan kapal laut yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), masih tersedia.

Djarot Tri Wardhono Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api mengatakan, semenjak pendaftaran dibuka pada 1 Maret 2023 lalu, jumlah total pendaftar hingga saat ini sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor.

Djarot juga menjelaskan, terdapat tiga hal baru dari program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api tahun ini. Pertama, motor dan penumpang akan diangkut dengan kereta api yang sama (kereta AC ekonomi). Kedua, penerapan harga tiket yang relatif murah dengan kisaran Rp10.000-Rp20.000 bagi penumpang sesuai jarak lintasan.

Kemudian yang ketiga, tambahan lintasan baru yaitu lintas Cilegon-Semarang Tawang (Lintas Utara). Sebelumnya, hanya ada dua lintasan yakni Lintas Tengah (Jakarta Gudang-Purwosari) dan Lintas Selatan (Kiaracondong-Purwosari).

Sedangkan untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, Capt. Antoni Arif Priadi Plh. Dirjen Perhubungan Laut menuturkan jumlah pendaftar untuk keberangkatan 15 April 2023 tercatat 160 motor dan 352 orang. Sementara untuk keberangkatan 17 April 2023, terhitung sebanyak 776 motor dan 1.762 orang.

Lalu untuk perjalanan balik, jumlah pendaftar untuk keberangkatan 25 April mencapai 253 motor dan 617 orang. Sementara untuk keberangkatan 28 April 2023, jumlah pendaftar sebanyak 710 motor dan 1.573 orang.

Sejumlah fasilitas yang akan didapat para peserta mudik gratis dengan kapal di antaranya yaitu dua kali makan dan dua kali camilan selama perjalanan yang diperkirakan memakan waktu sekitar 17 jam, jelas Capt. Antoni.

Dalam laman resmi Kemenhub, pendaftaran mudik gratis bagi penumpang bus dan sepeda motor dengan truk telah ditutup karena kuota yang disediakan sudah penuh. Total kuota yang disediakan yaitu sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

Tetapi Suharto Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan menjelaskan, masih ada kemungkinan pendaftaran akan kembali dibuka.

“Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” tuturnya.

Untuk itu, Suharto mengimbau masyarakat yang telah mendaftar, untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan, maksimal 7 hari setelah pendaftaran. Sementara, untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Pendaftaran dan registrasi mudik gratis dapat dilakukan secara online melalui https://mudikgratis.dephub mulai dari 23 Maret-5 April 2023 dengan verifikasi pendaftaran pada 25 Maret – 7 April 2023. 

Untuk pendaftaran offline, dapat dilakukan mulai tanggal 23 Maret – 16 April 2023 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat no 8 Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Kemenhub telah mengumumkan akan menyelenggarakan mudik gratis di masa Angkutan Lebaran Tahun 2023 baik untuk jalur darat, laut, dan kereta api.

Penyelenggaraan mudik gratis ini juga sebagai upaya untuk mengurangi kepadatan di jalan raya waktu Lebaran nanti.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
34o
Kurs