Minggu, 19 Mei 2024

Lapangan Jatim Seger di Kertajaya Indah Surabaya Tak Jadi Berbayar

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu menghadiri peresmian Lapangan Jatim Seger, Sabtu (11/2/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Setelah melakukan evaluasi dari tim dan menerima berbagai masukan dari masyarakat, lapangan Jawa Timur Seneng Gerak (Jatim Seger) di Jl. Kertajaya Indah, Surabaya tak jadi menerapkan tarif masuk per Senin (20/2/2023) kemarin.

“Kami bersama pihak terkait telah melakukan evaluasi, tepatnya yaitu antara Dispora Jatim dan Tim Aset. Hasilnya, kami putuskan bersama bahwa pemakaian lapangan Jatim Seger tidak dikenakan tarif,” kata Pulung, Selasa (21/2/2023).

Diketahui sebelumnya, Pulung Chausar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jatim menyatakan kalau ada pengenaan tarif sebelum masuk ke lapangan itu.

Dispora Jatim sempat melakukan uji coba untuk pengenaan tarif senilai Rp10 ribu bagi masyarakat umum, serta Rp5 ribu untuk pelajar dan mahasiswa.

Kata Pulung, penerapan tarif masuk itu bakal digunakan untuk maintenance atau perawatan lapangan. Sebab belum ada anggaran yang dialokasikan untuk biaya perawatan lapangan.

Kadispora Jatim itu kembali berdalih kalau kebutuhan perawatan Lapangan Atletik membutuhkan perhatian dan biaya pemeliharaan yang sangat tinggi. Untuk itu, tarif yang dikenakan bakal dipakai untuk merawat lapangan Jatim Seger.

“Dari masukan positif masyarakat maka Pemprov Jatim memutuskan untuk membebaskan biaya pemakaian lapangan meski tetap memberlakukan sistem penggunaan jogging track,” jelasnya.

Kemudia kata Pulung, untuk mengakomodir pelaksanaan Puslatda Jatim 100-V tahun 2023, maka pihak Dispora dan Pemprov Jatim melakukan pengaturan jogging track untuk pembinaan prestasi atlet puslatda.

“Di mana atlet puslatda ketika latihan akan menggunakan lintasan 1 sampai dengan 5. Sedangkan masyarakat umum hanya dapat menggunakan lintasan 6, 7 dan 8,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Lapangan Jatim Seger dulunya merupakan Lapangan Atletik Kertajaya yang dibangun pada tahun 1988 dengan menggunakan material gravel. Lapangan atletik ini pernah digunakan sebagai venue cabor panahan pada PON Tahun 2000.

Selanjutnya, pada tahun 2022, Dispora Jatim melaksanakan perbaikan lapangan atletik meliputi penggantian material gravel menjadi sandwich system. Serta dilakukan juga penambahan tembereng utara dan selatan.

Lapangan Jatim Seger telah diresmikan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim pada Sabtu (11/2/2023). Khofifah berharap keberadaan lapangan ini bisa memfasilitasi atlet cabang olahraga atletik.(wld/iss/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs