Kamis, 2 Mei 2024

Layanan Komunikasi dan Internet di Gaza Kembali Terputus untuk Kesekian Kalinya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang warga Palestina berdiri di lokasi serangan Israel terhadap sebuah rumah, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas di Rafah, selatan Jalur Gaza pada 22 Desember 2023. Foto: Reuters

Perusahaan Komunikasi Seluler Palestina (Jawwal), pada Selasa (26/12/2023) waktu setempat, menyatakan layanan komunikasi telepon dan internet di Jalur Gaza kembali terputus untuk kesekian kalinya di tengah serangan udara Israel.

“Pemadaman total layanan komunikasi telepon dan internet melanda Jalur Gaza akibat agresi (Israel) yang sedang berlangsung,” demikian pernyataan Jawwal seperti dikutip Antara dari kantor berita Anadolu, Rabu (27/12/2023).

“Tim teknis kami masih terus berupaya memperbaiki layanan meskipun kondisi lapangan berbahaya,” katanya.

Terputusnya layanan komunikasi ini merupakan yang kedelapan kalinya sejak perang antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas meletus pada 7 Oktober.

Pasukan Israel meluncurkan operasi militer besar-besaran di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas 7 Oktober.

Akibatnya, sedikitnya 20.915 warga Palestina, kebanyakan perempuan dan anak-anak meninggal, dan 54.918 orang lainnya terluka dalam agresi tersebut.

Serangan intens Israel di Gaza menyebabkan kehancuran, dengan 60 persen infrastruktur di daerah kantong itu rusak atau pun hancur dan hampir dua juta orang mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih serta obat-obatan.

Sementara itu, sekitar 1.200 orang Israel diyakini meninggal dalam serangan Hamas.

Tel Aviv sendiri bersumpah akan menghancurkan Hamas dan memastikan pembebasan semua sandera yang ditahan selama perang.

Sejumlah tawanan Israel telah dibebaskan pasca gencatan senjata sementara pada November dengan imbalan pemulangan sejumlah sandera Palestina. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
28o
Kurs