Rabu, 15 Mei 2024

Lebaran Kurang Tiga Pekan, Kuota Mudik Gratis Pemprov Jatim dari Jakarta Sudah Penuh

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu menemui peserta program mudik gratis tahun kemarin. Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tahun ini kembali mengadakan  mudik gratis untuk memfasilatasi Warga Jawa Timur di Jakarta, yang akan merayakan Lebaran Idulfitri di kampung halamannya.

Pihak Pemprov Jawa Timur sedikitnya menyiapkan 20 unit bus yang dikoordinasikan Dinas Perhubungan Jawa Timur, dengan kapasitas 45 tempat duduk setiap unit.

Rencananya, mudik bareng akan dilepas secara simbolis oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, tanggal 18 April 2023 pukul 10.00 WIB, dari Pedepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia (TMII), Jakarta Timur.

Zainal Fanani Kepala Badan Penghubung Pemprov Jawa Timur di Jakarta mengatakan, pendaftaran mudik bareng untuk Warga Jatim secara resmi dibuka tanggal 27 Maret 2023.

“Belum sampai diumumkan, tapi yang pesan sudah menumpuk. Mereka berpatokan pada mudik bareng tahun 2022,” ujarnya, Senin (3/4/2023).

Walau pendaftaran mudik bareng sudah ditutup karena kuota untuk 900 tempat duduk sudah penuh, tapi yang ingin mendaftar tetap masih banyak.

Fanani menjelaskan, Pemprov Jatim tidak bisa menambah kuota penumpang karena armada busnya yang tidak mencukupi.

“Saya harap Warga Jatim di Jakarta yang tidak bisa mudik bersama kami, bisa bergabung di tempat lain. Yang penting selamat sampai tujuan, bisa berlebaran bersama keluarga di kampung. Jangan lupa tetap jaga kesehatan,” imbaunya.

Sekadar informasi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki Badan Penghubung Daerah (Bapengda) di Jakarta.

Sebagai kantor perwakilan di Ibu Kota, Bapengda berperan aktif memberikan pelayanan dan mempromosikan wajah Jatim, meliputi kebudayaan, destinasi wisata serta produk unggulan.

Kepala Bapengda Jatim yang sejak 2020 dijabat Zainal Fanani, bertugas melayani dan menjadi promotor Jatim khususnya menghidupkan Anjungan Pemprov Jatim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Bapengda mempermudah keperluan pimpinan Pemprov Jatim baik eksekutif maupun legislatif ketika melakukan kegiatan di Jakarta.

“Perwakilan daerah untuk membantu koordinasi Gubernur dalam bidang pemerintahan dan pembangunan dengan pemerintah pusat serta lembaga-lembaga di Jabodetabek,” paparnya.

Lokasi Kantor Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim sangat strategis, di Jalan Pasuruan, Menteng, Jakarta.(rid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
31o
Kurs