Jumat, 19 April 2024

Listrik di Tiga Wilayah Utama Ukraina Tetap Menyala Usai Digempur Militer Rusia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Asap terlihat selama serangan Rusia di Ukraina, di garis depan Kota Bakhmut di wilayah Donetsk, Ukraina, 9 Februari 2023. Foto: Antara/Reuters

DTEK perusahaan energi Ukraina menyebut wilayah Odesa, Dnipro, Kiev dan sekitarnya aman dari pemadaman listrik usai gempuran hebat Rusia ke sejumlah fasilitas energi, hari Jumat (10/2/2023).

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan militernya telah melancarkan serangan besar-besaran terhadap sarana energi vital kompleks industri militer Ukraina.

Sesudah gempuran Rusia tersebut, otoritas Ukraina langsung berupaya memperbaiki jaringan listrik yang rusak.

Dalam pernyataannya Sabtu (11/2/2023) yang dilaporkan Antara, pihak DTEK menyebut operator jaringan Ukrenergo tidak memberlakukan pembatasan lanjutan terhadap pemakaian listrik pada Minggu (12/2/2023). Artinya, tidak ada pemadaman listrik di Kiev dan sekitarnya, serta wilayah Odesa dan Dnipro.

German Galushchenko Menteri Energi Ukraina mengatakan, Rusia menggempur fasilitas listrik di enam wilayah dengan rudal dan pesawat nirawak. Sehingga, sebagian besar wilayah negara itu mengalami pemadaman listrik.

Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia, Jumat, menembakkan lebih dari 100 rudal, serta melakukan 12 serangan udara, dan 20 serangan artileri. Sebanyak 61 rudal penjelajah Rusia berhasil dihancurkan.

Rusia telah berulang kali menyerang sarana dan prasarana sipil yang jauh dari garis depan. Akibatnya, jutaan warga Ukraina hidup tanpa listrik, pemanas atau air selama berhari-hari di tengah musim dingin.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs