Senin, 6 Mei 2024

Luncurkan Air Mineral, Pemkot Surabaya Sebar Alat Isi Ulang dan Beli Botol Bekas Kemasan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meninjau dua alat isi ulang botol dan galon untuk air mineral Hero, Senin (28/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain meluncurkan air mineral kemasan pada November 2023 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menyebar alat isi ulang gratis di tempat umum serta membeli plastik bekas kemasan di bank sampah.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, air minum HE2O, atau dibaca Hero, bertujuan menyehatkan masyarakat.

Selain dijual dengan kemasan galon, botol plastik kemasan 330 ml, dan 600 ml, Pemkot Surabaya juga akan menyediakan alat isi ulang untuk galon dan botol.

Tujuannya mengkampanyekan gerakan mengurangi plastik, dengan masyarakat membawa botol atau galon sendiri.

“Alat isi ulang yang tadi untuk tumbler, galon juga, untuk minum akan kita letakkan di Sentra Wisata Kuliner (SWK) dan rusun-rusun,” kata Eri usai soft launching air mineral Hero di Rumah Pompa Putat Gede, Senin (28/8/2023).

Ilustrasi pengisian air mineral Hero ke botol tumbler melalui alat, Senin (28/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Meski belum menyeluruh di semua titik, beberapa alat akan mulai disebar November mendatang. Bersamaan dengan peluncuran air mineral Hero.

Untuk mengatasi bertambahnya sampah plastik dari kemasan air mineral Hero, Eri menyebut sudah disiapkan kerja sama dengan pabrik yang mendaur ulang. Mekanismenya, masyarakat bisa menukar atau menjual bekas kemasan itu ke bank sampah.

“Plastik khusus Hero ini akan dilakukan di bank sampah. Jadi hasilnya balik lagi ke warga Surabaya. Jadi uang pendapatan berputar. Dari kemasan ada, dari air ada,” tandasnya.

Diketahui, air mineral Hero itu hasil produksi PT ITS Surabaya Hebat, kolaborasi antara perusahaan komersial milik ITS dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs