Minggu, 28 April 2024

Mahasiswa di Aceh Pindahkan Paksa Pengungsi Rohingya ke Kantor Kemenkumham

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pengungsi Rohingya dinaikkan ke truk oleh mahasiswa untuk dipindahkan dari Balai Meuseuraya Aceh ke kantor Kemenkumham Aceh, di Banda Aceh, Rabu (27/12/2023). Foto: Antara

Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak etnis Rohingya di tanah rencong, dengan memindahkan paksa para pengungsi tersebut ke halaman kantor Kemenkumham Aceh.

“Kami mengangkat Rohingya ke mobil, kita mengantarkan Rohingya ke Kemenkumham Aceh,” kata T Wariza Ismandar Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, di Banda Aceh, Rabu (27/12/2023).

Melansir Antara, para mahasiswa awalnya berunjuk rasa di kantor DPR Aceh. Kemudian mereka mendatangi para pengungsi Rohingya yang berada di Balai Meuseuraya Aceh (BMA).

Sesampainya di BMA, mereka mengarahkan para pengungsi yang lebih kurang mencapai 137 orang di sana untuk segera menaiki mobil yang telah disiapkan mahasiswa.

Para pengungsi perempuan dan anak-anak sontak menangis ketika para mahasiswa menghampiri mereka. Tetapi, peserta aksi tetap mengarahkan pengungsi ke mobil dan akhirnya dibawa ke Kemenkumham Aceh.

Wariza mengatakan, rencana awal mereka ingin membawa Rohingya itu ke kantor Imigrasi, tetapi karena di sana sedang ada pengerjaan pembangunan gedung, maka dialihkan ke Kemenkumham Aceh.

Saat ini, para pengungsi Rohingya tersebut sudah berada di halaman depan kantor Kemenkumham Aceh, dan belum ada kepastian apakah diterima atau ada kebijakan lainnya.

Wariza menuturkan, seharusnya Imigrasi atau Kemenkumham menjadi garda terdepan dalam penanganan Rohingya tersebut.

Tetapi belum ada tindakan apapun terhadap para pengungsi. “Belum ada tindakan, jadi kita minta imigrasi untuk mendeportasi Rohingya,” ujar korlap.

Di sisi lain, mahasiswa yang mayoritas dari Universitas Abulyatama itu juga menuntut DPR Aceh untuk mengeluarkan statemen menolak pengungsi Rohingya.

“Tuntutan kita juga segera konfirmasi dan mendesak pemerintah pusat menemukan titik temu permasalahan Rohingya,” tandasnya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs