Rabu, 19 Juni 2024

Mahasiswa Ubaya Sabet Gold Medal di Kompetisi Debat Nasional NUDC 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Dennis Mitchel, Nadya Christabella, Russel Davis mahasiswanya Universitas Surabaya (Ubaya) mendapat penghargaan di NUDC 2023. Foto: Ubaya

Dennis Mitchel mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil menjadi 5th best speaker dan mendapat medali emas pada kejuaraan National University Debating Championship (NUDC) 2023.

Dennis mengatakan, penghargaan yang diraih pada Minggu (11/6/2023) itu, merupakan kompetisi debat antar perguruan tinggi tingkat nasional yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Awalnya saya ikut seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (PIMUS) tahun 2022 bersama rekan saya, Russel Davis. Kami berdua menang dan akhirnya terpilih menjadi delegasi di NUDC,” ucapnya pada Selasa (13/6/2023).

Ia mengatakan, penghargaan gold medal itu diraih setelah mendapat penilaian di atas rata-rata 80 pada tiap ronde perlombaan.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya juga konsisten dalam menyampaikan argumen dan memiliki body language yang baik.

“Prestasi ini tidak lepas dari berbagai persiapan. Saya ikut latihan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) debat di Ubaya dan juga dengan universitas lain. Selain itu, ada pula pelatih khusus dari NUDC,” ujarnya.

Selain itu, dalam perlombaan NUDC Ubaya juga meraih penghargaan lain, yakni melalui Russel Davis mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya yang terpilih menjadi 12th best speaker dan mendapat bronze medal.

Kemudian, ada juga Nadya Christabella mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya yang berhasil menjadi 2nd Best N1 Adjudicator.

Atas prestasi itu, Christina Avanti Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni memberikan apresiasi kepada mahasiswa Ubaya yang telah mengikuti kejuaraan nasional itu.

“Ubaya harap pencapaian yang membanggakan ini turut membakar semangat mahasiswa lainnya agar dapat berprestasi di bidang minat dan bakat mereka,” tandasnya.(ris)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs