Minggu, 28 April 2024

Mahasiswa UC Sambut Natal dengan Sebarkan Pesan Damai di Tengah Tahun Politik

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mahasiswa UC Surabaya saat memamerkan hasil karyanya di Corepreneur UC Surabaya, Senin (18/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Program Studi Visual Communication Design (VCD) Universitas Ciputra (UC) Surabaya menyambut kedatangan Hari Natal 2023 dengan menyebarkan pesan perdamaian melalui lukisan tentang keberagaman yang dibuat dari ampas kopi.

Christian Anggrianto kepala Prodi VCD UC Surabaya mengatakan, hal itu dilakukan, mengingat saat ini Indonesia sedang berada dalam masa menuju Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

“Momen natal yang selalu identik dengan pesan damai ini kami coba khususkan untuk mengajak Gen Z membawa pesan damai dalam perbedaan di pesta demokrasi mendatang,” ucapnya di UC Surabaya pada Senin (18/12/2023).

Lukisan yang menunjukkan keberagaman itu, menurutnya penting dipahami oleh masyarakat, terutama generasi zaman sekarang. Ia menyatakan, perdamaian dalam perbedaan akan menghidupkan demokrasi.

Dengan memahami makna tersebut, maka toleransi juga akan berjalan dengan baik dan bisa memberikan dampak yang bagus juga bagi segenap masyarakat Indonesia.

“Seluruh Masyarakat Indonesia khususnya Gen Z sebagai pemilih pemula ini perlu diingatkan bahwa perbedaan itu pasti ada, sehingga mampu menyikapi perbedaan ini dengan baik dan tetap saling menghormati,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa lukisan itu juga sebagai upaya untuk mengajak anak muda zaman sekarang ikut memikirkan perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia. Serta, bisa menggunakan hak pilihnya tanpa mengganggu hak orang lain.

“Maraknya kampanye sudah terasa dengan banyaknya baliho-baliho yang menghiasi sepanjang jalan di surabaya. Bahkan di sosmed sudah marak konten-konten para pendukung capres dan cawapres yang acap kita jumpai saling berkomentar miring terhadap para paslon. Nah ini yang perlu kita sikapi. Jangan sampai Gen Z ini menjadi apatis karena ulah orang-orang pembuat konten itu,” bebernya.

Sementara itu, Putu Wardhani pemandu lukis UC mengatakan bahwa untuk merawat pesan damai dalam perbedaan itu, lukisan yang sudah jadi dipamerkan di area publik Corepreneur UC.

“Sehingga banyak mahasiswa yang merupakan Gen Z bisa menikmati dan kembali diingatkan,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam pembuatan lukisan tersebut, mahasiswa VCD UC Surabaya juga mempraktikkan gotong royong. Dalam satu papan kanvas, dilukis oleh sekitar delapan hingga sepuluh orang sekaligus untuk menumbuhkan kebersamaan.

Selain lukisan, mahasiswa VCD UC yang berkolaborasi dengan alumni juga memamerkan hasil karya pohon natal dan kreasi patung Yusuf, Bunda Maria dan juga Yesus untuk menyambut Hari Natal 2023. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs