Kamis, 25 April 2024

Masjid Sunan Ampel Tarawih Satu Juz dan Gelar Pengajian Sore Selama Ramadan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana tarawih pertama dalam ramadan 1444 H di Masjid Sunan Ampel Surabaya, Rabu (22/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Menyambut bulan ramadan 1444 H, Masjid Sunan Ampel Surabaya akan menjalankan ibadah Tarawih dengan bacaan salat satu juz Al-Qur’an setiap harinya.

Habib Muhammad Hasyim Ba’abud Ketua Majelis Ratibul Haddad Masjid Sunan Ampel Surabaya mengatakan, progam itu bukan hanya dijalankan di tahun ini saja, melainkan dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

“Jadi, genap satu bulan khatam Al-Qur’an 30 juz,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Rabu (22/3/2023).

Ia menyebut dalam Tarawih tersebut, yang menjadi imam juga merupakan penghafal Al-Qur’an. Jumlah rakaat salat tarawih yang akan dijalani yakni sebanyak 20 rakaat dengan witir sebanyak tiga rakaat.

“Setiap tahun juga waktu isya-nya diundur. Jadi kalau masuk waktu isya di masjid lain, kita baru memulai pembacaan rutin ratibul haddad yang setiap bakda magrib diundur ke setiap saat masuk isya,” ucapnya.

Suasana tarawih hari pertama ramadan 1444 H di Masjid Sunan Ampel Surabaya, Rabu (22/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan untuk menyambut bulan suci Ramadan, setiap sore hari juga diadakan pengajian rutin selama satu bulan penuh.

“Pengajian ini diasuh oleh tiga Kyai, yakni Kyai Zainul Arifin Banyuurip, Kyai Fadlullah Malik Tambakberas, dan Kyai Yahya Khozin Pagesangan, dan dilaksanakan setiap hari, menunggu berbuka,” ujarnya.

Lebih lanjut, saat memasuki malam ke-17 bulan ramadan nanti, Masjid Sunan Ampel juga akan memperingati Nuzulul Qur’an. “Yang diasuh dari Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Singosari, dulu Almarhum K.H Bashori Alwi, sekarang dilanjutkan sama cucu beliau,” ungkapnya.

Seluruh rangkaian ibadah tersebut, kata dia, merupakan bentuk penyambutan bulan suci Ramadan, yang pada tahun selanjutnya juga akan dilaksanakan secara rutin. (ris/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs