Jumat, 3 Mei 2024

Menaker Yakin Program Magang Luar Negeri Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Arsip Foto - Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan. Foto : Antara

Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan yakin program pemagangan ke luar negeri, seperti ke Jepang mampu menciptakan tenaga kerja kompeten.

“Saya yakin apabila program ini terus dikembangkan secara kuantitas dan kualitas, akan memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia dan Jepang,” ujar Menaker di Jakarta, Rabu (20/9/2023) dikutip Antara.

Hal tersebut disampaikannya waktu Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemagangan Luar Negeri bertema “Kolaborasi Multi Stakeholders untuk Menciptakan Tenaga Kerja Kompeten Melalui Pemagangan Luar Negeri yang Berkualitas”.

Ida mengatakan, pemerintah pada prinsipnya mendukung keberlanjutan kerja sama pemagangan antara Indonesia dengan Jepang.

Ia menambahkan kalau kementeriannya juga mendukung semua upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemagangan, dengan memerhatikan prinsip-prinsip pemagangan yang berlaku secara universal.

“Pemagangan harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan hak-hak dasar dalam dunia kerja bagi para peserta magang,” ujar Menaker.

Menaker mengharapkan pelaksanaan rakor pemagangan harus memperhatikan aspek-aspek kesetaraan, menghargai keberagaman, inklusi sosial, serta jauh dari segala macam diskriminasi, kekerasan, pelecehan, dan eksploitasi.

“Semoga rakor kali ini mampu menjadi momen evaluasi kita bersama untuk terus memperbaiki semua kekurangan dalam penyelenggaraan pemagangan ke Jepang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Anwar Sanusi Plt. Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker, menyampaikan selama tiga dekade terakhir, Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Jepang untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja melalui program pemagangan.

Program pemagangan ini, tambahnya, telah memberikan manfaat besar bagi para peserta magang. Selain meningkatkan keterampilan, mereka juga memperoleh pengalaman hidup dan pemahaman budaya yang berharga.

“Upaya kolaboratif antara pemerintah, lembaga pelatihan, dan berbagai stakeholder, memastikan bahwa pemagangan di Jepang memberikan manfaat maksimal bagi peserta magang,” kata Anwar Sanusi yang juga Sekjen Kemnaker. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs