Selasa, 30 April 2024

Mendag Sebut Sejumlah Harga Bahan Pokok Mulai Stabil

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sejumlah bahan pokok yang dijual di Pasar Pabean Surabaya, Sabtu (27/8/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) RI menyebut sejumlah harga bahan pokok mulai stabil seiring dengan upaya pemerintah mengendalikan harga.

“Harga-harga stabil, ayam sudah mulai turun dari Rp40.000/kg di sini sudah Rp38.000/kg,” kata Mendag saat meninjau sejumlah harga bahan pokok di Karanganyar dilansir Antara pada Rabu (12/7/2023).

Untuk harga bawang merah dan bawang putih juga stabil di harga Rp35.000/kg. Bahkan komoditas cabai rawit harganya dinilai terlalu rendah.

“Cabai terlalu murah hanya Rp23.000/kg, berarti berarti belinya hanya Rp10.000/kg atau Rp13.000/kg di petani. Petani rugi, biaya tanam tidak cukup,” sebutnya.

Sedangkan komoditas lain yang harganya juga mengalami penurunan meski hanya sedikit yakni telur ayam, dari Rp32.000/kg menjadi Rp31.000/kg.

“Telur ini harganya masih tinggi tapi tidak naik lagi. Bahkan mulai turun,” katanya.

Terkait hal itu, dikatakannya lagi, perlu waktu untuk menurunkan harga telur ayam. “Memang perlu waktu. Ayam tidak bisa bertelur sehari dua, jadi perlu waktu,” ujar Zulkifli.

Meski demikian, ucapnya, hal itu tidak terlalu mempengaruhi fluktuasi angka inflasi secara nasional. “Rata-rata inflasi 3,5 persen, jadi turun. Yoy (year of year) 3,5 persen. Bulan ini malah rendah sekali,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah berupaya mengendalikan harga, sehingga tidak ada bahan pokok yang saat ini mengalami lonjakan. (ant/dvn/saf/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs