Minggu, 28 April 2024

Mendagri Ingatkan Pemda untuk Jaga Stabilitas Politik Jelang Pemilu 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Muhammad Tito Karnavian (kanan) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara hibrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (27/3/2023). Foto: Antara

Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengingatkan seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia untuk menjaga stabilitas politik di daerahnya masing-masing menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Terus menjaga stabilitas politik dan keamanan semua daerah karena tahun politik sudah mulai, mesin politik sudah mulai memanas menjelang Pemilu 2024,” ujar Tito dilansir Antara, Selasa (4/7/2023).

Ia juga menyampaikan sejumlah imbauan kepada pemda terkait dengan pengendalian inflasi di daerah masing-masing.

Tito mengimbau pemerintah daerah meningkatkan realisasi belanja melalui APBD. Tito mengingatkan pemerintah daerah agar tidak menumpuk penggunaan APBD pada akhir tahun.

“Realisasi belanja APBD ini harus ditingkatkan sesuai target. Jangan dihabiskan menumpuk di akhir tahun supaya ada uang beredar,” tegasnya.

Terkait dengan realisasi belanja APBD itu, Tito pun mengingatkan pemerintah daerah agar membeli sebanyak mungkin produk dalam negeri.

Ia juga mengimbau pemda agar memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Baik berupa bantuan tunai maupun non-tunai dengan anggaran daerah yang dimiliki.

Selain itu, pemda juga bisa menggalang bantuan masyarakat yang mampu secara ekonomi untuk membantu masyarakat yang tidak mampu. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs