Minggu, 28 April 2024

Mendikbudristek Lepas Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan VI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia dalam South East Asia Policy Dialogue on Early Childhood Care and Education (SEA PD on ECCE) di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Foto: Antara

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), meresmikan pelepasan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan VI.

“Program Kampus Mengajar sebagai salah satu program unggulan dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah memberikan dampak bagi pembelajaran di SD, SMP, dan SMA,” ujar Nadiem waktu melepas peserta Kampus Mengajar Angkatan VI di Jakarta, yang dipantau secara daring, Kamis (10/8/2023).

Melansir Antara, Nadiem dalam kesempatan itu menjabarkan ada sekitar 91 ribu peserta yang disebar ke lebih dari 21 ribu satuan pendidikan pada Program Kampus Mengajar angkatan I sampai V.

Para peserta dalam angkatan sebelumnya, lanjutnya, telah berhasil menerapkan ilmu mereka dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.

“Berangkat dari keberhasilan itu, maka pada angkatan VI ini kami memperluas jenjang dengan melibatkan SMK sebagai sasaran program,” ucapnya.

Sementara untuk angkatan ke VI, lanjut Nadiem, ada 21.409 mahasiswa yang menjadi peserta. Selama masa penugasan, mahasiswa berperan aktif dalam menyusun strategi pembelajaran literasi dan numerasi di satuan pendidikan dimana mereka ditempatkan.

Untuk itu Mendikbudristek berpesan kepada peserta agar memiliki semangat yang besar, memanfaatkan program ini sebaik mungkin. Serta mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari guru dan kepala sekolah yang telah berpengalaman dalam mengajar.

“Jangan ragu berbagi pengetahuan kepada adik-adik pelajar, karena transfer ilmu dan pelajaran adalah kunci dari keberlanjutan program ini,” kata Nadiem Makarim.

Program Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan. (ant/dvn/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs