Senin, 29 April 2024

Menhub: Sektor Aviasi Makin Membaik Ditandai Meningkatnya Jumlah Penumpang Pesawat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan. Foto: Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) menyebutkan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, seiring peningkatan pergerakan penumpang pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Hal tersebut disampaikan Menhub waktu meninjau peningkatan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (24/12/2023) kemarin, dalam rangka angkutan Nataru.

“Ini menandakan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, probabilitasnya meningkat. Dilihat juga jumlah kargo yang keluar masuk dari Soekarno-Hatta meningkat,” ucap Budi, Senin (25/12/2023) dilansir Antara.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta pada angkutan Natal dan tahun baru kali ini telah melayani sekitar 1 juta penumpang, atau naik 18 persen dari tahun lalu.

Kinerja yang baik dari sektor penerbangan menurut Budi Karya adalah dampak dari membaiknya ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19.

“Tadi saya lihat banyak anak-anak berlibur. Itu menunjukkan ekonomi masyarakat menjadi semakin baik,” ujarnya.

Untuk destinasi internasional terbanyak dari Bandara Soekarno-Hatta yakni ke Singapura, Kuala Lumpur dan Jeddah, sedangkan destinasi domestik terbanyak yakni ke kota Denpasar, Medan dan Surabaya.

Sedangkan tingkat On Time Performance Bandara Soekarno-Hatta berada di kisaran 71 persen, dan load factor (tingkat okupansi) mencapai 80 persen.

Pada kunjungan ini, Budi melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum pada pesawat Garuda Indonesia. Dia mengatakan berdasarkan data dari Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah I, pesawat yang telah dilakukan ramp check sebanyak 60 persen.

“Saya ke sini ingin melihat berapa pesawat yang sudah di-ramp check untuk memastikan kelaikan pesawat demi keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata dia.

Lebih lanjut, puncak arus mudik Natal telah terjadi di tanggal 22 Desember 2023 dengan jumlah 184 ribu penumpang. Sedangkan puncak arus mudik tahun baru diprediksi terjadi pada tanggal 29 Desember 2023 dengan prediksi 180 ribu penumpang.

Di samping itu, puncak arus balik diprediksi akan jatuh di tanggal 2 Januari 2024. (ant/feb/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs