Sabtu, 27 April 2024

Menko PMK Pastikan Arus Balik Gelombang Kedua Berjalan Lancar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah penumpang kereta api turun dan keluar dari Stasiun Surabaya Gubeng saat puncak arus balik, Senin (24/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) akan memastikan kelancaran arus balik gelombang kedua yang diprediksi terjadi pada 30 April hingga 1 Mei.

“Berbagai skema kebijakan telah dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan pemilir (pemudik kembali ke hilir) pada gelombang kedua ini,” kata Muhadjir Effendy dilansir dari Antara, Sabtu (29/4/2023).

Untuk memastikan kelancaran arus balik gelombang kedua, Menko PMK itu juga telah mengecek kesiapan penerimaan arus kendaraan di ruas Tol Cikampek.

“Sejauh ini kesiapan penerimaan arus balik di ruas Tol Cikampek telah berjalan dengan sangat optimal,” katanya.

Selain itu, dari hasil peninjauan diketahui bahwa sejak H+2 Lebaran, arus balik kendaraan di ruas Tol Trans Jawa, khususnya yang melalui Tol Cikampek menuju Jabodetabek relatif stabil dan tidak terjadi lonjakan parah.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan juga didapati bahwa sejauh ini jumlah kendaraan yang menuju Jabodetabek selama masa arus balik relatif stabil dan merata, yaitu berkisar 100 ribu kendaraan per harinya.

“Berdasarkan data Korlantas Polri dan Jasa Marga juga diketahui bahwa volume kendaraan menuju Jabodetabek yang tertinggi sudah terjadi pada H+2 Lebaran atau pada tanggal 25 April, yaitu sebanyak 159.585 kendaraan,” katanya.

Menurut Menko Muhadjir, lancarnya arus kendaraan pada masa arus balik adalah berkat berbagai strategi yang dilakukan, mulai dari anjuran untuk balik lebih awal, pemberian diskon tol, pemberlakuan skema one way, contra flow, dan rekayasa lalu lintas lainnya.

“Alhamdulillah, dengan berbagai macam kebijakan yang telah dibuat, kecenderungannya memang arus balik sangat landai. Artinya, dari semua hari diisi dengan volume kendaraan yang relatif rata,” katanya.

Dirinya juga mengimbau para pemilir untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, Menko PMK juga mengimbau para pemilir untuk beristirahat cukup sebelum melakukan perjalanan guna menjaga kondisi fisik agar tetap bugar.(ant/ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs