Jumat, 19 April 2024

Menko PMK Pimpin Shalat Jenazah WNI Korban Gempa Turki

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memimpin shalat jenazah Irma Lestari, salah seorang warga negara Indonesia (WNI) korban gempa bumi di Turki, Selasa, (23/2/2023). Foto: KBRI Ankara

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memimpin shalat jenazah Irma Lestari, salah seorang warga negara Indonesia (WNI) korban gempa bumi di Turki.

Jenazah Irma tiba di Adana, Turki, pada Selasa (21/2/2023) pukul 23:45 waktu setempat kemudian dishalatkan oleh Menko Muhadjir yang didampingi oleh Letjen TNI Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lalu Muhamad Iqbal Duta Besar RI untuk Turki, serta sejumlah pejabat dari unsur TNI, Polri, dan Kementerian Kesehatan RI.

“Dua WNI yang meninggal dunia ini adalah pekerja profesional. Mereka adalah pahlawan devisa dan pahlawan bagi keluarganya. Saya minta agar mereka dipulangkan dengan cara yang terhormat,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis KBRI Ankara, Rabu (23/2/2023).

Pemulangan kedua jenazah WNI yaitu Irma Lestari asal Lombok Barat dan Ni Wayan Supini asal Bali itu diurus oleh Kementerian Luar Negeri RI dan Polri.

Keduanya sebelumnya berprofesi sebagai pekerja spa (spa therapist) di Turki.

Melansir Antara, sebelum melakukan shalat jenazah, Menko Muhadjir menyempatkan diri bertemu dengan WNI yang selamat dari gempa dan akan difasilitasi pemulangan ke Indonesia.

Menko Muhadjir tiba di Turki bersamaan dengan kedatangan dua pesawat berbadan lebar yang membawa sekitar 80 ton kargo bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia.

Pengiriman bantuan yang dikoordinasikan oleh BNPB tersebut merupakan gelombang keempat bantuan kemanusiaan dari Indonesia pasca gempa bumi Turki.

Menko Muhadjir dan rombongan direncanakan akan melakukan kunjungan ke Provinsi Hatay, yang adalah provinsi paling terdampak gempa bermagnitudo 7,8 di tenggara Turki pada tanggal 6 Februari 2023.(ant/ihz/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs