Sabtu, 20 April 2024

Menteri Agama Ingatkan Jajarannya untuk Tidak Gelar Buka Puasa Bersama

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama saat memimpin rapat koordinasi di Kantor kemenag, Jumat (24/3/2023). Foto: Kemenag

 Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) mengingatkan jajarannya untuk tidak menggelar buka puasa bersama. 

“Saya ingatkan terkait arahan Presiden, terkait larangan buka bersama, agar dilaksanakan ,” ungkap Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas pada Rapat Koordinasi Pimpinan Kemenag yang digelar di Kantor Kemenag, Jumat (24/3/2023). 

Dalam laman resmi Kemenag, dirinya juga meminta Sekretaris Jenderal (Sekjen) untuk menerbitkan surat edaran terkait larangan kegiatan buka puasa bersama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.

Penegasan larangan menggelar buka puasa tersebut telah ditegaskan kembali oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan para menteri Indonesia Maju, jelas Menag di hadapan Pejabat Eselon I dan II yang hadir.

Karena itu, Menag meminta untuk para unit kerja yang sudah berencana melakukan kegiatan buka bersama, untuk membatalkan kegiatannya. 

“Lebih baik agar anggarannya dialihkan ke santunan ke fakir miskin, anak yatim, atau yang lebih membutuhkan,” ungkapnya.  

Sebelumnya, larangan buka bersama telah tertuang pada surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 perihal arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama. Surat tersebut diteken Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada 21 Maret 2023. 

Surat arahan itu ditujukan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala badan/lembaga.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs