Jumat, 26 April 2024

Menteri Kesehatan Sebut Tren Penyakit Menular di Indonesia Mulai Bergeser

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan RI saat Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Kesehatan RI dengan PT Astrazeneca Indonesia di Jakarta, Senin (20/2/2023). Foto: Antara

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan RI menyebut, bahwa tren penyakit menular yang ada di Indonesia sudah mulai bergeser serta mulai kembali seperti sebelum pandemi melanda.

“Sebenarnya penyakit menular kan sudah bergeser,” kata Budi, Senin (20/2/2023).

Budi menuturkan, saat ini penyakit menular yang semula didominasi oleh infeksi akibat Covid-19, kembali bergeser ke arah beberapa wabah (outbreak) kecil seperti Tuberkulosis (TBC), HIV, dan malaria.

Melansir dari Antara, hal itu disebabkan karena adanya keterlambatan pemberian vaksinasi di sejumlah daerah. Ia menilai, keterlambatan itu jugalah yang menyebabkan munculnya beberapa penyakit baru di tengah masyarakat.

Oleh karenanya dengan menggandeng stakeholder, katanya, kerja sama yang dibangun dapat lebih diperkuat sehingga Indonesia dapat memproduksi vaksin untuk berbagai jenis penyakit menular secara mandiri.

Contohnya, Kementerian Kesehatan sudah memperpanjang kerja sama lewat penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) bersama PT AstraZeneca.

“Saya bilang ke AstraZeneca kalau bisa kita ingin semua vaksin itu dikembangkan (develop) di Indonesia, AstraZeneca kan salah satu perusahaan vaksin besar juga, di dunia, jadi kita minta teknologinya dibawa ke sini,” kata Menkes.

Dalam kesempatan yang sama, dirinya turut meminta agar AstraZeneca dan stakeholder lainnya, dapat menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ke arah yang bersifat promotif preventif yang menunjang pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat secara luas.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs