Minggu, 28 April 2024

Menteri Selandia Baru Mundur Usai Berkendara saat Mabuk

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kiri Allan Menteri Kehakiman Selandia Baru mengundurkan diri pada Senin (24/7/2023) kemarin. Foto: Getty Images

Kiri Allan Menteri Kehakiman Selandia Baru mengundurkan diri pada Senin (24/7/2023) kemarin. Ia mundur setelah mengalami kecelakaan mobil di Wellington.

Kecelakaan itu diakibatkan Kiri Allan berkendara ugal-ugalan dan mengemudi di bawah pengaruh alkohol serta menolak penahanan.

Chris Hipkins Perdana Menteri Selandia Baru mengatakan, kecelakaan yang melibatkan Allan terjadi pada Minggu (23/7/2023) sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

Kiri Allan juga telah menerima surat pemberitahuan pelanggaran terkait kadar alkohol yang berlebihan. Ia sempat ditahan selama empat jam akibat kecelakaan itu.

“Meskipun tindakannya tidak dapat dibenarkan, saya telah diberi tahu bahwa dia mengalami tekanan emosional yang hebat pada saat kejadian,” kata Hipkins dilansir Antara pada Selasa (25/7/2023).

“Perjuangan dia baru-baru ini dengan kesehatan mental telah diketahui dan tampaknya beberapa masalah tersebut muncul kemarin,” tambah dia.

Hipkins mengatakan telah memberitahu Allan bahwa dia tidak dalam kondisi yang tepat untuk menjadi menteri. Bahwa jabatan itu “tidak dapat dipertahankan” oleh seorang menteri kehakiman yang dituntut melakukan tindak pidana.

Kiri Allan pun setuju dan memutuskan mengundurkan diri dari posisi menterinya. Hipkins telah menunjuk Ginny Andersen sebagai menteri kehakiman yang baru. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs