Selasa, 7 Mei 2024

Muhammadiyah Luncurkan Pusat Iklim untuk Tangani Perubahan Iklim

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Umar Hadi Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Foto: Humas Kemlu

Muhammadiyah Climate Center diluncurkan di sela Global Forum for Climate Movement: Promoting Green Culture, Innovation, and Cooperation di Yogyakarta.

Muhammadiyah Climate Center merupakan sumbangsih Muhammadiyah bagi upaya global penanganan perubahan iklim. Selain itu, forum ini juga menghasilkan seruan aksi dalam mengatasi tantangan perubahan iklim.

“Kami di Kemlu melihat Muhammadiyah punya sumberdaya intelektual yang sangat besar,” kata Umar Hadi Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Minggu (19/11/2023).

“Kita bisa beradaptasi untuk mengatasi problem yang diakibatkan perubahan iklim. Manusia harus bertumpu pada inovasi dan tempat yang paling baik melakukan inovasi adalah universitas,” imbuh Umar.

Umar menekankan pentingnya setiap negara berperan sesuai kapasitasnya dalam semangat kemitraan. Guna menyiasati keterbatasan sumber daya yang ada, dan keperluan akan pendekatan multi-pihak dari seluruh lapisan, pemerintah, organisasi internasional, lembaga swadaya masyarakat, swasta, dan lembaga keagamaan serta komunitas lokal.

Abdul Mu’ti Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyebut pihaknya akan melanjutkan dan memperkuat inisiatif untuk membangun gerakan yang berkaitan pelestarian lingkungan dan perubahan iklim.

“Melalui Green Campus, Green Hospital, dan mengembangkan berbagai gerakan maupun program berbasis masyarakat” ungkapnya. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs