Minggu, 3 Maret 2024

Muhammadiyah Surabaya Akan Adakan Salat Idulfitri di 101 Titik Lokasi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi salat idulfitri/tarawih. Foto: Bram suarasurabaya.net

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idulfitri jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Sehubungan dengan itu, M. Ridlwan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya menyatakan, Muhammadiyah Surabaya akan menyelenggarakan salat Idulfitri di 101 titik.

“Sebelumnya kami sudah rapat bahwa ada 101 tempat yang kami sediakan untuk salat Idulfitri itu tersebar di hampir seluruh kecamatan di Surabaya, seluruh takmir kami minta untuk melaksanakan salat Idulfitri pada tanggal 21 nanti,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Selasa (18/4/2023).

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa potensi adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idulfitri antara Muhammadiyah dengan putusan Pemerintahan dan juga Nahdlatul Ulama (NU) merupakan hal yang biasa.

“Tidak hanya satu dua tiga kali, tetapi sudah hampir sering berbeda, karena memang cara menetapkannya berbeda, bahwa Muhammadiyah menggunakan metode hisab, sedangkan NU metode rukyat,” jelasnya.

Meskipun ada perbedaan, ia juga mengajak masyarakat untuk tetap saling menjaga kerukunan antarsesama.

“Kemudian kita juga berkirim surat ke Polrestabes, dan pimpinan cabang juga saya minta untuk berkirim surat ke Polsek untuk pemberitahuan dan antisipasi keamanannya,” ungkapnya.

Sebagai diketahui, seluruh titik lokasi penyelenggaraan salat Idulfitri itu tersebar di 31 Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), yakni mulai dari Genteng, Bubutan, Tambaksari, Wonokromo, Karangpilang, Tandes, Gubeng, Pabean Cantian, Tegalsari, Simokerto, Sawahan, Sukolilo, Krembangan, Rungkut, Wiyung, dan Kenjeran.

Selain itu, ada juga di Mulyorejo, Semampir, Pakal, Sambikerep, Gunung Anyar, Wonocolo, Bulak, Sukomanunggal, Lakarsantri, Ngagel, Gayungan, Tenggilis Mejoyo, Jambangan, Asem Rowo, hingga Dukuh Pakis.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
28o
Kurs