Rabu, 15 Mei 2024

MUI Sebut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah Momentum Evaluasi Diri

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Anwar Abbas Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia. Foto: Antara

Anwar Abbas Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam untuk memaknai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah sebagai momentum untuk mengevaluasi diri.

“Kita mengharapkan agar peristiwa ini benar-benar bisa menyadarkan kita umat Islam akan arti pentingnya kita melakukan evaluasi diri. Agar kita tahu kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang kita hadapi,” ujar Anwar di Jakarta, Selasa (18/7/2023), dilansir Antara.

Dalam sistem penanggalan kalender Hijriah, Bulan Muharram ditetapkan sebagai bulan pertama di mana terdapat sejumlah peristiwa penting yang akan terjadi pada bulan tersebut.

Salah satu peristiwa penting yang menandai Bulan Muharram yakni momen hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah untuk berdakwah secara terang-terangan.

Menurut Anwar, umat Islam harus merefleksikan cerminan setiap tingkah laku sebagai Muslim agar dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan ke depan, utamanya menghadirkan Islam yang Rahmatan lil Alamin.

Dia juga melihat, masih lemahnya umat Islam dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Iptek, ekonomi, dan politik. Maka dari itu, tambahnya, perlu pembenahan dari setiap lini demi kemajuan umat Islam.

“Di mana kita sebagai umat Islam akan dapat menebar rasa kebersamaan, kedamaian, dan kasih sayang di antara sesama tanpa melihat ras, suku, bangsa, negara dan agama, serta dapat menciptakan dunia yang sejuk dan berkeadilan,” ujarnya.

Ahmad Zayadi Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag juga turut mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mengisi tahun baru Hijriah dengan hal-hal positif.

“Mari kita jadikan momen tahun baru hijriah sebagai momen meningkatkan kesadaran sosial di kalangan umat beragama di Indonesia. Kita harus terus memperkuat semangat kebangsaan,” ujarnya. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
26o
Kurs