Kamis, 25 April 2024

Mulai Besok, Vaksin Booster Kedua di Jatim Sudah Tersedia Secara Gratis

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa saat meninjau percepatan vaksinasi booster. Foto: Humas Pemprov Jatim.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah siap memberikan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas mulai Selasa (24/1/2023) besok secara gratis.

Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jatim mengatakan vaksin tersebut bisa diakses masyarakat melalui fasilitas layanan kesehatan (fasyakes) terdekat. Seperti rumah sakit dan Puskesmas di seluruh Jatim.

“Alhamdulillah di Jatim, kami selalu siap untuk memberikan layanan kesehatan terutama untuk penanganan Covid-19,” ucap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (23/1/2023).

Khofifah juga mengimbau wali kota dan bupati supaya segera menindaklanjuti berbagai ketentuannya. Agar booster kedua ini bisa terdistribusi dengan cepat.

Gubernur Jatim itu berharap supaya fasilitas untuk mempercepat proses tersebut bisa segera disiapkan bahkan sampai ke tingkat kelurahan.

Sebagai informasi, pemberian vaksinasi Covid-19 booster kedua tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi booster pertama dilaksanakan.

Sedangkan, jenis vaksin yang digunakan untuk booster kedua ini sudah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, dokter Erwin Astha Kepala Dinkes Jatim bakal segera melakukan koordinasi dengan Dinkes kabupaten/kota untuk menyiapkan berbagai logistik dan fasilitas kesehatan yang diperlukan.

Selain itu, Dinkes Jatim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum melalui Fasyankes terdekat supaya boster kedua itu bisa segera diterima oleh mereka.

“Vaksinasi booster kedua ini bermanfaat untuk memperkuat antibodi yang sudah terbentuk sehingga bisa memperpanjang perlindungan tubuh terhadap Covid-19 terutama terhadap munculnya varian-varian yang baru.” jelas Erwin.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs