Minggu, 28 April 2024

Musim Libur Kebaran, Khofifah Ingatkan Pengelola Wisata Perketat Keamanan Wahana

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana di dalam KBS pada momen liburan. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Memasuki musim libur lebaran, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) meminta pengelola tempat wisata di seluruh Jatim untuk memperketat mekanisme keamanan setiap wahana, guna menjamin keselamatan wisatawan yang berkunjung.

Imbauan itu juga dilegetimasi oleh Khofifah lewat Surat Himbauan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Nomor 55.62/14109/118.9/2023 tentang penanggungjawab usaha pariwisata untuk mengawasi, memantau, dan mengevaluasi penyelenggaraan kepariwisataan, yang meliputi bidang usaha.

“Saya minta seluruh pengelola wisata untuk terus menyiapkan pengelolaan pengamanan semaksimal mungkin di wahana wisata mereka,” kata Khofifah, Sabtu (22/4/2023).

Gubernur Jatim itu berkomitmen pihaknya bakal melakukan monitoring dan mengawasi penerapan sistem keamanan di masing-masing tempat pariwisata di Jatim.

Khofifah menjelaskan tempat wisata itu selain dimonitoring oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, pihak pemprov turut menggandeng TNI-Polri untuk bantuan pengamanan tempat-tempat wisata.

Saat ini Pemprov Jatim sedang memantau mobilisasi kedatangan masyarakat di seluruh tempat wisata. Kata Khofifah, kemungkinan besar puncak kedatangan wisatawan bakal terjadi, pada Senin (25/4/2023) ke depan.

“Kami kembali menguatkan sinergitas dan kolaborasi bersama TNI, Polri, Dinkes, Dishub, relawan-relawan,” ucapnya.

Sebelumnya, Irjen Pol Toni Harmanto Kapolda Jatim menyatakan pihaknya siap melaksanakan kegiatan pengamanan selama momen Hari Raya Idulfitri berlangsung.

Sejumlah lokasi vital di Jatim pun turut menjadi prioritas pengamanan. Termasuk tempat rekreasi di Jatim yang mencapai 507 lokasi wisata.

“Tentunya kami berharap bisa memberikan rasa aman dan nyaman untuk pemudik, baik yang akan keluar maupun masuk ke Jatim,” kata Kapolda, Senin (17/4/2023).

Sedangkan Disbudpar Jatim mencatat ada 10 teratas tempat wisata yang jadi langganan daya tarik selama musim libur lebaran, yakni

  1. Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan
  2. Kebun Binatang Surabaya (KBS)
  3. Pantai Balekambang di Kabupaten Malang
  4. Go Fun di Kabupaten Bojonegoro
  5. Pantai BOOM di Kabupaten Banyuwangi
  6. Pantai Klayar di Kabupaten Pacitan
  7. Taman Safari di Kabupaten Pasuruan
  8. Pantai Gemah di Kabupaten Tulungagung
  9. Pantai Watu Ulo di Kabupaten Jember
  10. Jatim Park II di Kota Batu. (wld/bil/faz)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs