Senin, 26 Februari 2024

OJK Ingatkan Pelajar Kenali Fintech Legal dan Ilegal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Friderica Widyasari Dewi Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK (ketiga kiri) dalam konferensi pers Kegiatan Kejar Prestasi dan Bangun Generasi Kita (Kreasi Bangkit) yang digelar di Jakarta, Minggu (20/8/2023). Foto: Antara

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengingatkan para pelajar agar cermat mengenali produk fintech lending atau pinjaman online (pinjol) baik yang legal maupun ilegal.

Hal itu disampaikan Friderica Widyasari Dewi Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, waktu konferensi pers Kegiatan Kejar Prestasi dan Bangun Generasi Kita (Kreasi Bangkit) di Jakarta, Minggu (20/8/2023).

“Mau belajar dong, dia harus belajar bisa mengenali produknya legal atau ilegal. Kalo ilegal jauhi, jangan disentuh, jangan ditengok,” ujar Friderica seperti dilansir Antara.

Kiki sapaan akrabnya juga mengingatkan agar pelajar memastikan produk pinjol sesuai dengan kebutuhan. “Kalau legal, lihat produknya cocok apa tidak untuk dirinya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kiki menurutkan agar pelajar muda termasuk anggota gerakan Pramuka tidak terjerat pinjol ilegal.

OJK sendiri telah bekerja sama dengan Kwarnas Pramuka untuk menyusun revisi Syarat Kecakapan Khusus atau SKK Penabung dan SKK Cakap Keuangan. Harapannya, Pramuka Indonesia memiliki keterampilan dalam menabung serta merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik.

Senada dengan Kiki, Mahendra Siregar Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan, melalui program yang diluncurkan dengan Kwarnas Pramuka, pihaknya telah menyiapkan program literasi agar peserta mampu menganalisa kegiatan transaksi keuangan legal dan ilegal.

“Ya, jadi dalam tanda kecakapan khusus (TKK) untuk yang SKK Cakap Keuangan juga diberikan kemampuan supaya menghadapi transaksi maupun kegiatan-kegiatan ilegal baik untuk dirinya, lingkungannya adalah basis dari kegiatan Pramuka untuk sosial,” imbuhnya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs