Minggu, 26 Mei 2024

Ombudsman Terima 8.292 Laporan Masyarakat Sepanjang 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar Ketua Ombudsman Republik Indonesia Mokhammad Najih di Jakarta Jumat (10/3/2023). Foto: Antara

Sebanyak 8.928 laporan masyarakat dan 11.427 konsultasi masyarakat di seluruh Indonesia, telah diterima Ombudsman Republik Indonesia (ORI) selama 2022.

“Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat memperoleh hak pelayanan publik yang lebih baik,” kata Mokhammad Najih Ketua Ombudsman Republik Indonesia dalam kegiatan Laporan Tahunan dan Peringatan HUT Ke-23 Ombudsman di Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Dalam menangani laporan tersebut, Ombudsman menerima 91 kasus atau 1,09 persen keluhan, atau di bawah target maksimal 2,60 persen.

“Kondisi ini menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat sangat baik. Dalam pelaksanaan dukungan manajemen, pengelolaan anggaran makin akuntabel dan optima, dengan penyerapan sebesar 95,95 persen,” kata dia.

Melansir dari Antara, Ombudsman menyelesaikan Laporan Tahunan 2022 dengan tema ‘Mengawasi Pelayanan Publik bagi Pemulihan Lebih Kuat’.

Tema itu, kata dia, berdasarkan pada Refleksi 2022 yang bertujuan untuk menuju terwujudnya pemulihan yang lebih kuat melalui pengawasan publik.

“Indonesia mulai tumbuh menuju pemulihan yang lebih kuat pascapandemi. Kita dituntut berinovasi harus lebih baik daripada masa sebelum pandemi,” kata dia.

Pada kegiatan tersebut, Mokhammad Najih juga tidak lupa mengingatkan tentang penguatan pengawasan yang merupakan bagian sistemik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah.

“Tahun 2022 merupakan tahun ketika transformasi pelayanan publik harus beradaptasi dengan pandemi global,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Joko Widodo Presiden RI mengingatkan kepada birokrasi agar dapat memberikan pelayanan publik yang cepat serta berorientasi pada hasil dan kepentingan masyarakat.

Momentum peringatan ulang tahun Ombudsman Republik Indonesia, kata Presiden, harus dijadikan momentum bagi ORI dan bagi birokrasi untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat, berorientasi pada hasil dan kepentingan masyarakat.(ant/abd/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs