Kamis, 2 Mei 2024
Kabar Parlemen

Pagelaran Seni Budaya Indonesia Jadi Pembuka Parlemen Remaja 2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI kembali menggelar Parlemen Remaja yang diikuti oleh seluruh siswa/i SMA sederajat. Kegiatan itu dilaksanakan di Bogor dan Jakarta pada tanggal 11-16 September 2023.

Indra Iskandar Sekretaris Jenderal DPR RI yang membuka kegiatan Parlemen Remaja 2023 di Wisma DPR RI menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kami berharap dengan mengikuti berbagai kegiatan dalam Parlemen Remaja, para peserta Parlemen Remaja yang kami banggakan dapat menempa pemahaman dan kemampuan dalam kerangka demokrasi, seperti mendalami teknik berpendapat yang baik,” ujar Indra Iskandar saat pembukaan di Wisma DPR RI, Kopo, Bogor, Senin (11/9/2023).

Di acara yang sama, Suratna Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI mengungkapkan kegiatan Parlemen Remaja itu diselenggarakan berdasarkan amanah organisasi Parlemen Dunia, IPU (Inter Parlianmentary Union).

Organisasi itu menyerukan untuk memberikan pemahaman politik dan demokrasi kepada kaum remaja atau generasi muda.

Kegiatan Parlemen Remaja tahun 2023 mengusung tema “Remaja Kenal Hukum: Taat Aturan Mayarakat Aman” dengan pembahasan UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Tema itu diangkat untuk mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya memahami mekanisme politik di DPR RI tapi juga memiliki kesadaran akan hukum yang berlaku.

Jumlah peserta yang hadir pada pembukaan kegiatan sebanyak 134 peserta yang berasal dari 80 Daerah Pemilihan akan menjalani kegiatan-kegiatan yang menyerupai dengan tugas dan fungsi Anggota DPR RI selama enam hari.

Peserta akan mendapat pembekalan di sesi orientasi yang meliputi materi mengenai tugas dan fungsi dewan serta materi terkait dengan pembahasan undang-undang yang akan disampaikan narasumber.

Selain itu, peserta Parlemen Remaja 2023 juga menjalani Simulasi Kunjungan Kerja, Simulasi Rapat Kerja, Simulasi Rapat Paripurna dan yang berbeda dengan tahun sebelumnya peserta akan menjalani Simulasi Rapat Panitia Kerja.

Seperti tahun sebelumnya, penampilan pagelaran seni budaya sebagai bentuk dibukanya kegiatan Parlemen Remaja. Pagelaran seni ini adalah salah satu kegiatan yang dinantikan oleh seluruh peserta Parlemen Remaja karena masing-masing daerah akan menampilkan kebudayaan yang mereka banggakan.(adv/rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs