Kamis, 2 Mei 2024

Parade Juang Hingga Pameran Museum Bakal Warnai Hari Pahlawan di Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Veteran menaiki Jeep saat tiba di Jalan Gubernur Suryo dalam kegiatan Parade Surabaya Juang, Minggu (6/11/2022). Foto: Dok. suarasurabaya.net

Kota Pahlawan bakal merayakan peringatan tahunan Hari Pahlawan 10 November 2023 mendatang mulai pekan ini.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, rancangan rangkaian agenda Hari Pahlawan masih dalam pembahasan sebelum resmi digelar.

Rencananya, 5 November 2023 nanti akan digelar event tahunan Parade Juang, arak-arakan kendaraan kuno, pawai beragam etnis, juga atraksi peperangan 10 November.

“Parade Juang start (mulai) dari Tugu Pahlawan sampai finish (berhenti). Di Balai Kota Surabaya atau di Balai Pemuda Alun-Alun Kota Surabaya masih kita matangkan. Acaranya jam delapan pagi,” jelas Wiwiek dihubungi suarasurabaya.net, Selasa (31/10/2023).

Wiwiek menyebut, meski Parade Juang belum terverifikasi dalan Kharisma Event Nusantara (KEN), agenda Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tetap akan disuguhkan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

“Parade Juang ada yang berbeda pasti (dari sebelumnya). Tapi detailnya nanti,” katanya.

Sembari menunggu penilaian tingkat nasional, agar event Parade Juang bisa menyusul Festival Rujak Uleg Surabaya yang masuk KEN.

“Sudah didaftarkan KEN. Tapi belum verifikasi, baru lolos (tingkat) provinsi. Kita akan menuju nasional,” imbuhnya.

Selain Parade Juang, event baru yang diikutkan dalam rangkaian Hari Pahlawan yaitu Pameran Museum.

“Ada juga Pameran Museum, beberapa museum di Jatim, Jateng, dan sebagainya (digelar) di Tugu Pahlawan,” jelasnya lagi.

Termasuk event Hero Run 7,8 kilometer start dan finish di Delta Plaza Surabaya (Surabaya Plaza). Total akan ada seribuan peserta yang ikut.

“Sebelum jam delapan (tanggal 5 November) ada Hero Run 7,8 kilometer rutenya Delta Plaza, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malang, Jalan Bubutan, Jalan Tembakan, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Ketabang Kali, kembali ke Delta Plaza,” terangnya. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
28o
Kurs