Rabu, 24 April 2024

Pasukan Semut Unusa Siap Bersih-Bersih di Resepsi Satu Abad NU

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Umi Hanik Wakil Rektor III Unusa selaku Panglima Pasukan Semut dan Umdatus Soleha Direktur Akamawa Unusa saat Talkshow di Radio Suara Surabaya, Jumat (3/2/2023). Foto: Suara Surabaya

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengajak masyarakat umum untuk menjadi relawan Pasukan Semut (pasukan bersih-bersih) pada puncak acara peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 7 Februari 2023.

Rangkaian acara yang akan berlangsung selama 24 jam nonstop ini akan dihadiri jutaan orang, tentu akan meninggalkan banyak sampah. Karena itu, Unusa ingin mengambil peran yang tidak biasa dilakukan oleh banyak orang, melakukan bersih-bersih sampah setelah acara selesai.

Unusa telah menghimpun sebanyak 1.500 relawan Pasukan Semut yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan karyawan.

Umi Hanik Wakil Rektor III Unusa selaku Panglima Pasukan Semut mengatakan, para relawan akan melakukan tugasnya di akhir acara atau Selasa (7/2/2023) pukul 23.00 WIB.

“Kami akan membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh masyarakat selama menghadiri puncak peringatan Satu Abad NU,” kata Umi saat Talkshow di Radio Suara Surabaya, Jumat (3/2/2023).

Umi menjelaskan, para Pasukan Semut dibekali dengan kantong plastik tiga warna. Pertama, warna merah untuk sampah basah. Kedua, warna kuning untuk sampah kering. Ketiga, warna hitam untuk sampah plastik.

“Pemilahan dilakukan untuk memudahkan proses daur ulang. Pasukan Semut juga akan kami bekali dengan sarung tangan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri,” ujarnya.

Pada momen seabad NU, Unusa juga memberikan Beasiswa Dana Pengembanagn Pendidikan atau Uang Gedung untuk mahasiswa baru yang mendaftar pada Februari 2023. Besarannya hingga 100 persen bebas DPP.

Rinciannya, beasiswa sebesar 50 persen bagi Mahasiswa Baru yang memilih Program Studi Terakreditasi Unggul, 100 persen untuk Program Studi Terakreditasi Baik Sekali, sedang untuk Prodi Fakultas Kedoteran memperoleh beasiswa DPP sebesar 10 persen.(iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs