Sabtu, 20 April 2024

PBB Akan Ajukan Agenda Baru untuk Perdamaian Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Antonio Guterres Sekjen PBB. Foto: Xinhua

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan ide mengenai agenda baru untuk perdamaian dunia, berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional untuk negara-negara anggota.

“Dalam rangka persiapan KTT Masa Depan, kami mengajukan gagasan untuk dipertimbangkan oleh negara-negara anggota mengenai Agenda Baru untuk Perdamaian, berdasarkan Piagam (PBB) dan hukum internasional,” kata Guterres dalam keterangan tertulis di situs PBB, Rabu (20/9/2023).

Melansir Antara, Guterres juga bilang arsitektur perdamaian dan keamanan dunia sekarang berada di bawah tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Hal ini memberikan visi pemersatu untuk mengatasi ancaman yang ada dan ancaman baru bagi dunia dalam transisi,” kata Guterres dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-78 di New York, Selasa (19/9/2023) lalu.

Agenda Baru Perdamaian tersebut akan menyerukan negara-negara kembali berkomitmen terhadap dunia yang bebas dari senjata nuklir, dan mengakhiri erosi rezim pelucutan senjata nuklir dan pengendalian senjata.

Agenda tersebut juga akan memperkuat pencegahan di tingkat global, dengan memaksimalkan kapasitas, pengumpulan kekuatan, dan pengaruh PBB untuk menjembatani kesenjangan geopolitik.

Serta, akan memperkuat pencegahan di tingkat nasional dengan menghubungkan tindakan perdamaian dengan kemajuan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Agenda selanjutnya adalah menempatkan kepemimpinan dan partisipasi perempuan sebagai pusat pengambilan keputusan, berkomitmen terhadap pemberantasan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, serta refleksi luas mengenai pemeliharaan perdamaian dan membuatnya jadi lebih mudah beradaptasi. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs