Sabtu, 4 Mei 2024

Pelatihan Sekolah Tangguh Bencana Segera Sasar PAUD di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Simulasi mitigasi bencana BPBD ke sekolah-sekolah. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana menggelar pelatihan sekolah tangguh terhadap bencana dengan menyasar jenjang PAUD.

Laksita Rini Sevriani Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya menyampaikan, pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas pelajar dan tenaga pendidik dalam mengantisipasi, serta melakukan pertolongan pertama saat terjadi kebencanaan.

“Di lingkungan pendidikan kita sudah menggelar di beberapa sekolah. Untuk Sekolah Tangguh Tanggap Bencana, simulasi mitigasi bencana dilakukan di SD dan SMP. Rencananya kita juga akan menyasar PAUD, karena selama ini pelatihan simulasi mitigasi bencana masih diberikan kepada para Bunda PAUD,” kata Laksita Rini kepada suarasurabaya.net, Jumat (23/6/2023).

Laksita Rini mengaku, anak TK dan PAUD juga akan diedukasi langsung diundang ke kantor BPBD Surabaya dengan memberikan edukasi dan pengenalan terhadap peralatan keselamatan pada kebencanaan.

“Jadi memberikan pengenalan terhadap peralatan, serta bagaimana jika terjadi kebencanaan kebakaran atau genangan. Ini bahkan sudah ada beberapa TK yang berkunjung ke BPBD,” ungkapnya.

Simulasi mitigasi bencana itu bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Satpol PP, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan PMI (Palang Merah Indonesia) Surabaya.

“Salah satunya, memberikan pembekalan kebencanaan dalam penyelamatan diri dan keselamatan di lingkungan pendidikan,” ujarnya.

Risiko tinggi kebencanaan di kota besar, seperti Surabaya, lanjutnya adalah munculnya genangan saat hujan lebat. Kemudian banjir rob di perkampungan pesisir pantai saat air laut pasang. Serta kebakaran saat memasuki musim kemarau.

“Paling banyak adalah bencana sosial, contohnya kecelakaan, darurat medis, dan kebakaran. Dari laporan Command Center 112, itu adalah laporan yang paling sering kami terima. Sedangkan gempa bumi, kita juga terus mengantisipasi dengan simulasi mitigasi bencana, mengingat Surabaya memiliki banyak bangunan tinggi (high rise building),” jelasnya. (lta/bnt/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs