Kamis, 30 Mei 2024

Pelindo Perkuat Kolaborasi Tim Change Management Pasca Merger

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Meet Up Session bertajuk Culture Activation & Mobilization Program (CAMP) yang digelar PT Pelindo untuk memperkuat manajemen perubahan, diikuti para Change Champion, Change Leader dan Change Agent dari Kantor Pusat, Branch hingga Anak Perusahaan. Foto: PT Pelindo

Untuk memperkuat manajemen perubahan sekaligus menghadapi tantangan transformasi dan standarisasi pelabuhan pasca merger, PT Pelindo pada Rabu 14 Juni 2023 lalu, menyelenggarakan “Meet Up Session” dengan tajuk utama yaitu Culture Activation & Mobilization Program (CAMP).

Program yang merupakan inisiatif strategis perusahaan tahun 2023 terkait program internalisasi budaya korporasi ini, diikuti para Change Champion, Change Leader dan Change Agent dari Kantor Pusat, Branch hingga Anak Perusahaan PT Pelindo.

“Pasca merger perusahaan, Pelindo saat ini melayani end-to-end business dalam rantai logistik dan mengubah bisnis logistik di Indonesia menjadi lean business model yang meliputi strategic control lebih baik, standarisasi end-to-end operations, alokasi dana yang optimal, standarisasi program pengembangan SDM dan sistem teknologi informasi yang terintegrasi” jelas Edi Priyanto Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal sekaligus pemandu acara tersebut dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Senin (19/6/2023).

Menurut Edi, merger telah mengubah bisnis logistik di Indonesia menjadi lean business model yang oleh “Tim Change Management” sangat dibutuhkan dalam rangka memastikan kesuksesan perubahan pada organisasi.

“Karena ada perbedaan baik proses sampai hasil terhadap organisasi yang disertai manajemen perubahan atau tidak. Dengan mengimplementasikan manajemen perubahan, maka akan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi, terjadi pengurangan turn over, business continuity and sustainability, adopsi cepat serta transisi akan berjalan dengan mulus,” jelas Edi.

Sedangkan pada korporasi yang tidak disertai dengan program manajemen perubahan, menurutnya akan menyebabkan arah yang tidak jelas, moral dan energi rendah, delay dalam transisi dan implementasi, transfer of knowledge yang rendah.

“Serta pada akhirnya berdampak pada penurunan kinerja dan produktivitas,” kata Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal itu.

Sementara Fiona Sari Utami Sekretaris Perusahaan menyampaikan bahwa kegiatan Meet Up Session ini menjadi momentum penting bagi pengelolaan Tim Change Management SPMT untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan strategi terkini.

Acara ini juga diharapkan dapat dilakukan secara rutin sehingga pekerja semakin tangkas menghadapi dan mengelola perubahan di SPMT.

“Melalui acara ini, SPMT menegaskan komitmennya dalam mengadopsi praktik terbaik dalam manajemen perubahan dan memastikan kesinambungan pertumbuhan perusahaan,” ucap Fiona. (bil/rst)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version