Senin, 6 Mei 2024

Pemerintah Siapkan Layanan Satu Pintu Perizinan Acara Seni dan Olahraga

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Dito Ariotedjo Menpora memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (1/8/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (1/8/2023), memimpin rapat kabinet terbatas membahas perizinan kegiatan seni dan olahraga.

Dalam rapat yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pemerintah memutuskan segera meluncurkan pelayanan satu pintu berbasis elektronik.

Nantinya, pengurusan izin penyelenggaraan acara bisa diajukan secara elektronik digital. Sehingga, mengurangi interaksi pelaku usaha penyelenggara kegiatan seni dan olahraga dengan pejabat yang berwenang.

Usai rapat, Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, kebijakan tersebut diambil pemerintah supaya para penyelenggara bisa memantau langsung proses perizinan penyelenggaraan acara yang diajukan.

“Pemerintah akan meluncurkan perizinan untuk kegiatan seni dan olahraga jadinya satu pintu. Semua nanti bisa diajukan secara elektronik digital, jadi mengurangi interaksi antara pelaku usaha penyelenggara kegiatan seni dan olahraga dengan pejabat yang berwenang,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Kebijakan tersebut, lanjut Menpora, juga untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas serta efisiensi waktu.

Dito menegaskan, kebijakan perizinan satu pintu bakal memudahkan pelaku industri seni dan olahraga menyelenggarakan acara, dan mempermudah pemerintah serta lembaga terkait melakukan pemantauan.

Dia optimistis kebijakan tersebut bisa meningkatkan industri yang mayoritas digerakkan generasi muda, dan berkontribusi positif pada perekonomian nasional.

Rencananya, layanan perizinan acara seni dan olahraga satu pintu itu mulai diujicobakan bulan September 2023.

“Nanti kita tunggu saja launching resminya. September sudah trial pertama,” tandas Dito. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs